Sukses

Sebaiknya Makan Timun Setelah Makan Ayam atau Ikan bakar

Satu lagi makanan hebat yang bisa melawan racun setelah mengonsumsi makanan yang dibakar seperti ayam atau ikan bakar.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi makanan hebat yang bisa melawan racun setelah mengonsumsi makanan yang dibakar seperti ayam atau ikan bakar. Ya, timun. Sayuran ini sering ditemukan dan mudah dicari sebagai lalapan paling enak.

Tapi siapa sangka, dibalik segarnya timun, jenis sayuran ini mengandung vitamin C, beta karoten dan polifenol seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mengurangi radikal bebas.

Seperti disampaikan para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi, Nutrifood dalam buku yang berjudul 101 Mitos Kesehatan bahwa bagian gosong ayam atau ikan bakar sering disebut karsinogen (pemicu kanker) yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan timun dengan segala khasiatnya bisa memerangi radikal bebas itu.

"Tentunya satu dua potong timun tidak cukup melawan radikal bebas yang meningkatkan risiko kanker. Tapi Anda bisa menjaga kadar antioksidan dengan mengonsumsi rutin sayur dan buah minimal lima porsi setiap hari," tulis buku tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini