Sukses

Sering Bersin dan Hidung Meler Tapi Tak Sakit Flu, Kenapa Ya?

Pernah tiba-tiba bersin-bersin, hidung tersumbat, keluar cairan encer dari hidung namun sedang tidak sakit flu?

Liputan6.com, Jakarta Pernah tiba-tiba bersin-bersin, hidung tersumbat, keluar cairan encer dari hidung namun sedang tidak sakit flu? Jika sering mengalami hal tersebut tanpa tahu apa penyebabnya segeralah lakukan tes alergi, saran dokter Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL.
 
Menurut dokter yang berpraktek di RS Gandaria ini, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena rinitis alergi. 
 
"Rinitis alergi merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang dianggap asing oleh tubuh. Saat alergen menyerang tubuh memproduksi antibodi yang disebut IgE untuk mengikat alergen. Ikatan IgE dan alergen menyebabkan terlepasnya histamin. Histamin menyebabkan hidung meler, bersin dan hidung tersumbat," ungkapnya di Restaurant Decanter pada Rabu (3/12/2014)
 
Dengan tes alergi, akan diketahui apa saja yang bisa menyebabkan bersin, hidung tersumbat, dan hidung meler. "Satu-satunya cara untuk terhindar dari bersin dan meler adalah menghindari penyabab alergi," terang dokter lulusan FK UI ini.
 
Menurut dokter Rusdian, pemicu alergi biasanya paling utama biasanya disebabkan oleh tungau, jamur, kecoa, binatang, makanan hingga bahan-bahan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.