Sukses

Obat Ampuh Atasi Hidung Tersumbat

Gangguan hidung tersumbat merupakan masalah yang kerap kita alami. Apa yang bisa mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat jadi masalah yang dialami banyak orang terutama di musim hujan seperti saat ini. Meskipun bukan gangguan kesehatan yang parah, namun hal ini bisa menjadi problema tersendiri dalam kehidupan. Biasanya, masyarakat umum mengatasi hal ini dengan menggosokan balsem atau minyak kayu putih hingga terapi uap. Namun bila beberapa hari tak kunjung reda juga salah satu alternatifnya bisa menggunakan obat semprot hidung.

Obat semprot hidung ini mengandung Oxymetazoline yang berfungsi mengecilkan konka yang membesar. “Bekerjanya cepat, cukup 10 menit dengan penggunaan yang tepat hidung jadi plong. Bisa bertahan hingga 12 jam, sehingga sehari bisa dipakai hingga 2 kali, namun masih diperbolehkan hingga tiga kali sehari,” terang spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL dalam acara Bebas Gangguan Hidung Tersumbat agar Aktivitas Terjaga yang digagas oleh Afrin dari MSD di Restauran Deconter, Jakarta pada Rabu (3/12/14).

Namun dokter Rusdian mengungkapkan agar kita rasional menggunakan obat yang bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat ini. “Penggunaan dekongestan yang rasional dengan penggunaan dosis terendah untuk hasil kesembuhan yang maksimal,” ungkapnya.

Lalu, tak perlu berlama-lama penggunaanya. Maksimal penggunaan lima hari saja. Karena jika digunakan terlalu lama memungkinkan terjadinya rebound karena saraf tertekan terus sehingga tak mampu mengatasi kembali hidung tersumbat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini