Sukses

Kiwi, Senjata Penghadang Flu di Musim Hujan

Konsumsi buah kiwi sebagai tindakan pencegahan khususnya di musim hujan ini dirasa cukup efektif karena kandungan vitamin C-nya cukup tinggi

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi buah kiwi sebagai tindakan pencegahan khususnya di musim hujan ini dirasa cukup efektif karena kandungan vitamin C nya cukup tinggi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kiwi merupakan buah dengan kandungan gizi yang cukup padat. Sejumlah vitamin dan mineral terkandung di dalamnya. Bila dikonsumsi secara rutin, kiwi akan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan tak gampang lemah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS, Sp.GK, menjelaskan, "Kebutuhan vitamin C kita jumlahnya sekitar 90 sampai 100 miligram. Nah, di dalam tablet vitamin C, kandungannya 500 sampai 1000 miligram."

Lagipula, dalam suatu penelitian terhadap kandungan vitamin C yang berasal dari suplemen dan buah yang asli, didapatkan hasil kalau kandungan vitamin C yang berasal dari buahlah yang sangat bagus. Dengan penelitian itu terbukti bahwa manfaat vitamin dari buah segar justru lebih baik.

"Saya nggak bisa bilang kalau orang flu makan vitamin C bisa langsung sembuh. Sebab, sudah ada antivirus yang bisa menyembuhkan flu itu sendiri. Kalau memang berat, berobatlah," kata Fiastuti di Restoran White Box, Menteng, Jakarta, Selasa (2/12/2014)

Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, secara terus terang Fiastuti mengatakan kalau buah kiwi adalah senjatanya.

"Buah kiwi adalah buah yang kandungan gizinya tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah flu," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini