Sukses

Ibu dari Anak Kembar Enam Kini Sudah Jadi Nenek

Janet Walton melahirkan enam bayi perempuan, yang pertama di dunia pada 1983, dan menjadi ibu dengan kocek empat juta dolar AS

Liputan6.com, Jakarta Tiga puluh satu tahun lalu ia melahirkan bayi kembar enam. Semuanya perempuan dan kini ia berencana mengakhiri pekerjaannya sebagai pengumpul dana untuk menikmati hidup sebagai seorang nenek.

Janet Walton melahirkan enam bayi perempuan, yang pertama di dunia pada 1983, dan menjadi ibu dengan kocek empat juta dolar AS.

Itulah jumlah uang yang telah Janet Walton bantu kumpulkan untuk rumah sakit anak tempat semua bayi perempuannya dilahirkan 31 tahun lalu, kata Xinhua.

Janet, dalam usia 61 tahun, pada Desember ini mundur dari perannya sebagai pencari dana buat rumah sakit utama ibu dan anak di Eropa, Liverpool Women's Hospital. Ia berencana menghabiskan waktunya sebagai nenek, setelah kelahiran cucu pertamanya beberapa bulan lalu.

Janet dan suaminya, Graham seorang pelukis dan dekorator, menjadi sensasi global ketika anak perempuan mereka membuat penampilan spektakuler mereka pada 18 November 1983.

Pasangan tersebut, yang sangat mengharapkan kehadiran anak dalam keluarga mereka, menghentikan semua perawatan kesuburan, setelah 12 upaya tanpa hasil. Mereka malah pernah memutuskan untuk menjadi orang tua angkat, sampai pada upaya ke-13 Janet hamil.

Anak perempuan kembar-enam itu dilahirkan pradini dengan berat tubuh sangat rendah di Liverpool Maternity Hospital. Anak pertama yang dilahirkan adalah Hannah (0,94 kilogram), lalu diikuti oleh Lucy (1,3Kg), Ruth (1,2Kg), Sarah (satu kilogram), Kate (1,3Kg) dan Jennie (1,6Kg).

Lebih dari 30 tahun kemudian, tak seorang pun dari kembar-enam keluarga Walton menikah, meskipun kebanyakan dari mereka mempunyai pacar, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Janet Walton baru menjadi nenek ketika putri yang dilahirkan pada urutan keempat, Sarah, melahirkan seorang bayi perempuan, yang diberi nama Georgie.

Selain merawat keenam putrinya, Janet telah mencurahkan perhatiannya buat Liverpool Women's Hospital, untuk mengumpulkan dana buat unit khusus perawatan bayi di rumah sakit tersebut --yang merawat lebih dari 1.000 bayi rentan dengan ukuran kecil setiap tahun.

Mulanya Janet membantu sebagai relawan pengumpul dana, dan pada 1995 menjadi manager penuh di sana, kata Xinhua.

Selama bertahun-tahun, katanya, perempuan itu telah membantu mengumpulkan lebih dari 2,5 juta poundsterling buat Newborn Appeal, sehingga membuatnya jadi ibu "empat juta dolar".

Awal 2014, semua enam putrinya merayakan ulang tahun ke-30.

Saat mengomentari pengunduran dirinya, Janet berkata, "Ini saat yang tepat untuk mundur. Saya juga telah menjalani dua operas penggantian tulang pinggul dan menghadapi gangguan dengan pinggul tua ini, dan saya sekarang menjadi nenek. jadi saya dapat menghabiskan waktu bersama cucu saya, Georgie. Saya menintai pekerjaan ini dan semua orang yang telah saya temui dan saya sangat berterima kasih kepada semua teman dan anggota keluarga yang telah membantu saya mengumpulkan dana selama bertahun-tahun."

CEO rumah sakit itu, Kathy Thomson, mengatakan, "Janet adalah orang yang sangat peduli dan penuh dedikasi yang selalu mencurahkan perhatiannya untuk mengumpulkan sebanyak mungkin dana buat The Newborn Appeal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.