Sukses

Vaksin Kanker Payudara Mulai Masuk Tahap Uji Klinis

Selangkah lagi, penyakit yang paling banyak hinggap pada wanita usia produktif akan segera tertangani.

Liputan6.com, Jakarta Selangkah lagi, penyakit yang paling banyak hinggap pada wanita usia produktif akan segera tertangani. Pasalnya, vaksin kanker payudara saat ini tengah memasuki tahap uji klinis. 

Seperti dikutip laman Foxnews, Selasa (2/12/2014) hasil dari uji klinis awal menunjukkan bahwa vaksin kanker payudara saat ini masih diuji di Washington University School of Medicine di St Louis pada pasien dengan kanker payudara metastatik.

Menurut ilmuwan, keberhasilan penemuan vaksin ini akan dipublikasikan dalam Clinical Cancer Research dan diumumkan dalam siaran pers tidak lama lagi.

Peneliti mengatakan, vaksin kanker payudara ini dikembangkan untuk menargetkan mammaglobin-A, protein yang ditemukan di jaringan payudara. Nantinya, cara kerja vaksin ini semacam sel darah putih yang akan meningkatkan sistem kekebalan adaptif tubuh, dan menghancurkan sel-sel dengan mammaglobin-A.

"Mampu menargetkan mammaglobin ini menarik karena protein ini 80 persen ada di jaringan kanker payudara. Jika ini berhasil, kita berarti telah mengobati sebagian besar pasien kanker payudara dengan efek samping yang lebih sedikit," kata penulis studi senior dan ahli bedah kanker payudara, William E. Gillanders.

Para peneliti juga mencatat bukti yang menunjukkan vaksin memperlambat perkembangan kanker ini, bahkan pada pasien yang memiliki sistem kekebalan tubuh kurang kuat karena suatu penyakit dan paparan kemoterapi.

"Meskipun sistem kekebalan tubuh melemah pada pasien ini, kami juga akan mengamati respons biologis terhadap vaksin dalam sampel darah mereka. Namun terlepas itu semua, hasilnya sejauh ini cukup menggembirakan," kata Gillanders tanggapi penerapan vaksin kanker payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini