Sukses

Memakai Kondom Bikin Vagina Lebih Sehat

Tak cuma cegah penyakit menular seksual, ini manfaat hebat dari penggunaan kondom saat bercinta bagi perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Kondom bisa jadi penemuan hebat yang ditemukan dalam sejarah kehidupan manusia. Tak hanya berperan penting untuk melindungi dari penyakit menular seksual dan pencegah kehamilan tapi pemakaian kondom saat berhubungan seksual membantu menjaga vagina tetap sehat lho.

Penggunaan kondom saat bercinta membuat bakteri sehat dalam vagina yaitu lactobacilli terus bertahan hidup dibandingkan alat kontrasepsi lain seperti IUD. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Cina ditemukan fakta bahwa kondom membantu agar air mani yang dikeluarkan pria tak memengaruhi kadar pH seimbang vagina inilah yang menyebabkan bakteri baik terus tumbuh seperti dilansir laman Women's Health pada Selasa (2/12/2014).

Penelitian yang diterbitkan dalamm jurnal PlOs One ini menyatakan keberadaan lactobacilli di dalam vagina ternyata bisa mencegah aneka infeksi seperti infeksi jamur, UTI, dan pertumbuhan bakteri vagina (yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul mengakibatkan susah hamil). Selain itu, memakai kondom dalam hubungan seksual juga menghindarkan Anda dari permasalahan serius seperti penyakit menular seksual, HIV dan kehamilan tak diinginkan.

Jadi, tak ada alasan bukan untuk melakukan hubungan seks yang aman dengan kondom. Lebih banyak keuntungan dibandingkan kerugiannya, bagi laki-laki maupun perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini