Sukses

Awas, 7 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Mata

Anda sering mengucek mata? Hindar kebiasan buruk tersebut dan enam kebiasaan lainnya yang buruk bagi kesehatan mata.

Liputan6.com, New York Mata adalah jendela dunia. Begitu kata orang-orang. Hal tersebut bukan hanya kata-kata semata, mata merupakan organ tubuh yang penting untuk melakukan banyak hal. Mulai dari membaca, berjalan, melihat keindahan dan hal lainnya.

Sayangnya, banyak diantara kita hanya menggunakan mata namun tidak menjaga malah memiliki kebiasaan buruk yang menyebabkan kesehatan mata menurun. Hindari tujuh kebiasaan buruk seperti dilansir dari laman Good Housekeeping pada Selasa (2/12/2014).

1. Terlalu sering menatap smartphone
Smartphone kini tak bisa ditinggalkan dari kehidupan masyararakat modern. Banyak orang bisa betah berlama-lama memandangi layar smartphone untuk chatting dengan teman, menonton video hingga bermain games. Namun perlu diperhatikan bahwa penting untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit usai menatap layar smartphone untuk mengurangi risiko penglihatan kabur dan mata kering.
Pastikan juga, font yang digunakan pada smartphone ukuran besar sehingga tidak membuat mata leleah membaca tulisan kecil.

2. Menonton TV di malam hari
Tak hanya TV, melihat layar lainnya sebelum tidur juga tidak baik untuk kesehatan mata. Seperti melihat tab, komputer, ponsel. Hal ini disebabkan karena perubahan cahaya berubah sangat cepat membuat mata bekerja keras untuk beradaptasi dengan keadaan. Hal ini dapat menyebabkan mata lelah, sakit, kering, dan kemerahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengucek mata

3. Mengucek mata
Ini kebiasaan yang bisa jadi paling sering dilakukan di antara kita. Saat mata gatal tangan otomatis bergerak ke mata untuk menguceknya. Hal ini sangat tidak disarankan dilakukan karena dapat merusak pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata. Saat mata gatal lebih baik redakan dengan kompres air dingin.

4. Terlalu sering menggunakan obat tetes mata
Kala merasa mata terlalu kering jangan gunakan obat tetes mata terlalu sering karena malah bisa mengiritasi mata Anda. The American Academy of Ophthalmology (AAO) menyatakan bahwa saat menggunakan obat tetes mata tanpa resep digunakan dalam waktu singkat saja.
Jika menggunakan obat tetes mata resep dokter pastikan mematuhi petunjuk dokter. Segera hentikan dan hubungi dokter jika menyebabkan mata iritasi, ruam atau efek samping negatif lain.

3 dari 3 halaman

Penggunaan riasan mata

5. Tak makan makanan sehat dan seimbang
Nutrisi yang masuk ke tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan mata optimal terutama kandungan Vitamin C, E, zinc serta asam lemak Omega-3. AAO menyarankan untuk banyak mengonsumi buah jeruk, kacang-kacangan, biji-bijaan, sayuran hijau dan ikan untuk menjaga kesehatan mata terjaga.

6. Penggunaan riasan mata
Bagi perempuan, riasan pada bagian mata sangat penting. Perlu ditekankan bahwa menempatkan barang asing di dekat area mata memiliki risiko besar terhadap kesehatan mata. Mulai dari maskara, eyeliner, eye shadow.
Pastikan untuk merias area mata tak terlalu dekat dengan garis bulu mata agar tidak memblokir kelenjar minyak di kelopak maa Anda. Penumpukan pada bagian tersebut bisa menimbulkan infeksi.

7. Tidak mengunjungi dokter mata secara teratur
Kapan terakhir Anda mengunjungi dokter maa? Mengecek kondisi mata bukan sekedar mengetahui kesehatan mata namun juga bisa menjadi tanda gejala penyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.