Sukses

Langkah Pintar Atasi Bayi Sulit Tidur

Kala si Kecil tak bisa tidur, atasi dengan empat cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas utama bayi adalah tidur. Bayi berusia 1-18 bulan membutuhkan waktu 15-18 jam untuk tidur. Ketika bayi sudah mulai sulit tidur Anda sebagai orangtua harus mencari cara agar ia kembali mudah tertidur.

"Tidur merupakan tahapan penting bagi bayi karena tidur berperan penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi karena hal tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi," terang psikolog anak, Vera Itiabiliana Hadiwidjojo, Psi seperti rilis pers yang diterima dalam Peluncuran Soothe & Glow Seahorse ditulis Senin (1/12/2014).

Itulah sebabnya ibu harus mencari cara agar sang buah hati kembali tidur terlelap dengan cara tepat dan membuatnya nyaman. Menurut Vera, saat bayi tak kunjung tidur ibu tak boleh cemas atau gelisah. Ibu harus merasa sesantai dan setenang mungkin dalam menidurkan bayi. Kegelisahan ibu akan memengaruhi anak sehingga membuat anak malah jadi sulit tidur.

Kedua, pastikan mencoba dan mengatur waktu tidur yang tetap. Walaupun menantang, para ibu harus bersikap fleksibel bagi anak untuk menemukan waktu tidur yang tepat bagi dirinya sendiri.

Ketiga, meciptakan suasana yang menenangkan akan membuat anak tertidur dengan mudah. "Mengatur suhu ruangan, meredupkan cahaya juga bisa membantu merilekskan mata anak. Bisa juga memainkan suara menenangkan seperti alunan musik lembut," ungkap Vera.

Keempat, bisa juga dengan memberikan sebuah  benda yang dapat dapat membuatnya nyaman seperti selimut kecil, guling atau mainan lunak yang dapat dipeluk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.