Sukses

8 Kebiasaan Seru yang Buat Hidup Lebih Lama

Cari tahu delapan rahasia panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Coba lihat kondisi di sekitar Anda, pada usia berapakah rata-rata orang Indonesia meninggal dunia? Usia kehidupan masyarakat Indonesia berada pada usia akhir 60 tahun hingga awal 70 tahun. Namun tak dipungkiri, masih ada pula yang berusia lebih dari 80 tahun.

Asupan nutrisi yang masuk ke tubuh menjadi salah satu penentu lama pendeknya kehidupan seseorang. Selain itu, aneka kebiasaan hidup lain membuat tubuh Anda sehat dan memperpanjang hidup Anda. Dilansir dari laman Women's Health pada Selasa (25/11/2014) berikut daftarnya:

1. Makan sushi
Restoran makanan khas Jepang yang menjual sushi beberapa tahun terakhir menjamur di Indonesia. Tak ada ruginya untuk mengonsumsi makanan ini berbahan ikan ini karena terbukti bisa memperpanjang usia hidup orang Jepang. Selain itu ikan kaya Omega-3 yang bisa menurunkan risiko dari semua penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

2. Cokelat hitam
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam seminggu dua prosi bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Rasa bahagia
Orang yang merasa bahagia tiga kali lebih jarang cepat meninggal dibandingkan orang yang jarang bahagia menrutu studi tahun 2012. Orang yang bahagia memiliki hormon stres kortisol yang lebuh rendah serta aliran darah yang stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan kacang

4. Makan kacang
Orang yang hobi makan kacang secara signifikan bisa mengurangi risiko dari pelbagai penaykit seperti jantung, diabetes, kanker, dan paru-paru.

5. Berhenti merokok
Anda pasti sudah mengetahui banyak alasan untuk berhenti merokok karena merugikan kesehatan diri sendiri. Sebuah penelitian menyebutkan perempuan yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun hidup lebih lama dibandingkan yang keluar pada usia yang lebih tua.

6. Rutin berdiri
Duduk terlalu lama di depan meja komputer tidak baik untuk tubuh Anda. Riset menunjukkan mereka yang duduk lebih dari 6 jam perh hari meningkatkanr risiko untuk meninggal lebih cepat dibandingkan mereka yang duduk sekitar 4 jam per hari.

3 dari 3 halaman

Segelas anggur

7. Segelas anggur
Dari 24 studi tentang manfaat mengonsumsi anggur dalam level rendah memiliki risiko yang lebih rendah juga untuk meninggal dalam usia muda. Hal ini hanya berlaku jika jumlah anggur yang dikonsumsi satu gelas saja per hari.

8. Olahraga
Berada di urutan terakhir, namun bukan berarti tak penting. Rutin berolahraga membuat tubuh berenergi dan melepaskan hormon endorfin yang membuat rasa bahagia. Ada juga sebuah studi yang menyebutkan bahwa rutin berolahraga bisa membuat hidup umur panjang.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.