Sukses

5 Cara Kirim Pesan yang Rusak Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar `text neck` atau suatu kondisi yang disebabkan oleh keseringan menunduk kirim pesan seperti chatting, sms-an, atau email dengan smartphone? Tekanan membungkuk pada bagian menyebabkan efek samping pada leher yang mencakup otot tegang, saraf terjepit, dan herniated disc atau keadaan bantalan (disc) yang berada diantara tulang vertebra keluar dari tempat normalnya. Dokter khawatir hal ini tidak dapat diperbaiki kembali dan menyebabkan distorsi pada leher.

Mengirim pesan dapat membantu dalam mempermudah hubungan dan segala rencana, tetapi jangan lupa kirim pesan juga bisa membebani punggung, mengubah otak remaja, merusak hubungan romantis, merusak mata, dan memperpendek harapan hidup Anda. Panik? Berikut ulasan seperti yang dilansir dari Bustle.com, Senin (24/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cedera Punggung

1. Cedera Punggung

Leher bukan satu-satunya bagian tubuh yang mengalami ketegangan akibat posisi menunduk dan bungkuk saat menatap smartphone. Masalah yang ditimbulkan bisa seperti postur tubuh menjadi buruk, serta menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, sembelit, dan bahkan penyakit jantung. Bagaiman menghindari hal ini? Dengan mengubah posisi menjadi tegak dan tegap tentunya atau mudahnya setiap 3 detik tegakan posisi tubuh Anda.

2. Berdampak Pada Perkembangan Otak Anak

Sebuah studi di Kanada menghubungkan antara kirim pesan da perkembangan otak remaja dan menemukan bahwa smartphone dapat berpengaruh buruk. Seorang epidemiologis dan peneliti utama studi tersebut, Dr. Michael Abramson, mengatakan bahwa melatih remaja untuk bekerja terlalu cepat dan sering membuat kesalahan. Selain itu, rata-rata remaja yang mengirim dan menerima 82 teks dalam sehari dapat terkena depresi, kecemasan, dan menurunkan pretasi akademik bagi remaja.

3 dari 4 halaman

Memperburuk Hubungan

3. Memperburuk Hubungan

Kirim pesan memang bisa memperbaiki hubungan Anda dengan mempermudah mengetahui keadaan pasangan. Menurut fakta dari para peneliti dari Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, sekitar 70 persen orang dewasa berusia 18-25 tahun mengatakan teknologi ini meningkatkan hubungan mereka.

Meskipun demikian, para peneliti menemukan bahwa peningkatan hubungan tergantung pada pesan apa yang Anda kirim. Studi yang diteliti Jonathan Sandberg mengungkapkan bahwa memberikan masalah melalui pesan akan menimbulkan banyak distorsi karena hanya sebatas kata-kata bukan pasangan Anda seutuhnya.

4 dari 4 halaman

Merusak Mata

Merusak Mata

Mungkin Anda termasuk orang yang selama berjam-jam berdiam di depan layar komputer atau smartphone yang tidak baik untuk mata karena bisa merusak mata atau membuat mata menjadi kering. Mata kering, mata tegang, sakit kepala dan leher, dan pandangan kabur bisa disebabkan oleh hal tersebut dan disebut sebagai `Computer Vision Syndrome (Sindrom Daya Lihat Komputer)`. Biasanya kerusakan mata yang belum akut kaan berkurang jika kita berpaling dari komputer atau smarphone selama 20 detik tiap 20 menit.

Memperpendek Harapan Hidup

Sebuah studi dari `Chiropractic Association` di Inggris menemukan bahwa kegiatan `membungkuk` dan `menunduk` tersebut bisa memberi tekana pada organ internal tubuh dan menyebabkan tubuh sulit untuk mengambil napas penuh. Hal ini mungkin menyebabkan hyperkyphosis atau kelengkungan tulang belakang. Hal ini bisa membuat penurunan fungsi tubuh di kemudian hari. Dampaknya, tingkat harapan hidup menurun. Terlebih, jika Anda mengirim pesan saat mengemudi atau menyebrang jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.