Sukses

Sebuah Sekolah Ditutup Karena 'Wabah Ciuman'

Sebuah sekolah kecil meliburkan siswanya dan melarang mereka untuk mendekati ruang kelas karena 'wabah ciuman'.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah sekolah kecil bernama Woodland Public Schools yang terletak di distrik Oklahoma, AS, meliburkan siswanya hingga Desember nanti dan melarang mereka untuk mendekati ruang kelas apapun alasannya.

Seperti dilansir dari Fox News pada kamis (24/11/2014), keputusan untuk meliburkan siswa dilakukan karena di sekolah tersebut tersebar wabah mononucleosis atau 'wabah ciuman'. Total, siswa yang diliburkan mencapai 200 orang.

"Penutupan ini disebabkan frekuensi infeksi mononucleosis yang tinggi di daerah tersebut," kata Dewan Sekolah. "Selama penutupan, semua gedung sekolah akan didesinfeksi untuk mencegah penyebaran virus," tambahnya.

Mononucleosis sendiri disebut dengan wabah ciuman karena penyakit tersebut tersebar saat seseorang terkena air liur orang lain, sebagaimana yang terjadi saat berciuman.

Selain itu, nama lain dari penyakit ini adalah mono atau Glandular Fever yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan demam kelenjar.

Dalam kasus ini, penyakit tersebar melalui batuk, pilek, dan berbagi tempat makan atau minum dengan mereka yang telah tertular. Adapun gejala penyakit ini termasuk mudah lelah, sakit tenggorokan dan demam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini