Sukses

Lakukan Ini Kala Mata Perih Kena Cabai

Ada tiga alternatif untuk meredakan mata perih terkena cabai.

Liputan6.com, Jakarta Orang Indonesia gemar sekali makan masakan berbumbu pedas berbahan cabai. Namun pada saat yang sama ada risiko mata bisa perih dan pedas saat mata tak sengaja mengucek area mata. Akibatnya Anda akan teriak karena mata terasa panas, pedas, dan merah.

Saat menghadapi kondisi seperti itu tak perlu panik, ada beberapa cara alternatif untuk meredakan kondisi tak mengenakkan seperti itu. Dilansir dari laman Healthmeup pada Senin (24/11/2014) lakukan langkah berikut:

1. Susu tawar
Ambil stok susu UHT di lemari es Anda lalu tuang beberapa kali ke area mata yang kepedasan. Susu membantu menetralisir capsaicin yang terdapat pada cabai yang menyebabkan sensasi terbakar.

2. Handuk basah
Jika rasa sakit terus menghantui di area mata, coba kompres area mata dengan tisu basah dingin sampai rasa pedas maupun bengkak berkurang. Namun sebelum melakukan hal itu pastikan tangan sudah dicuci bersih dari zat-zat cabai.

3. Air dingin
Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi mata perih karena cabai. Cabai mengandung minyak sehingga akan sulit dibersihkan dengan cabai sehingga perlu waktu agak lama untuk meredakan rasa perih. Nyalakan keran kemudian biarkan air mengalir membasuh area mata Anda.
Pada awal akan terasa sulit membuka mata tapi coba berkedip untuk mengeluarkan zat pedas cabai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini