Sukses

Alumni IPB Kampanye Ayo Makan Ikan

Menyambut Hari Ikan Nusantara Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) mengkampanyekan gemar makan ikan dengan slogan 'AYO KITA MAKAN IKAN

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Ikan Nusantara (Harkannas) yang pertama, Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) mengampanyekan gemar makan ikan dengan slogan 'AYO KITA MAKAN IKAN (AKMI)' di Stadion Pajajaran Bogor, Minggu (23/11/2014).
 
Sebagai bentuk mengkampanyekan gemar makan ikan tersebut, sebanyak 6500 anak-anak pendidikan usia dini (PAUD) melukis layang-layang bergambar ikan. Kegiatan tersebut dicatat oleh museum rekor Indonesia (Muri).

Kampanye AKMI dibuka oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang diikuti sebanyak 6200 anak PAUD se Kota Bogor. Sedangkan target yang ditentukan HA-IPB, kegiatan ini akan diikuti sebanyak 6500 anak.

Ketua HA-IPB, Bambang Hendroyono mengatakan, kampanye tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas rendahnya konsumsi ikan masyarakat Indonesia yang notabene negara yang meiliki peotensi laut dan perikanan yangsangat besar.

"Masyarakat Indonesia belum mengimbangi antara konsumsi dan produksi ikan. Padahal potensi produksi ikan nasional mencapai lebih dari 15,3 juta ton pertahun," kata Bambang di Stadion Pajajaran.

Menurutnya, konsumsi ikan masyarakat saat ini hanya 34,7 kg per kapita per tahun. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia berada di peringkat keempat di Dunia setelah RRC, India dan Amerika Serikat.

"Jepang dan Singapura saja yang tidak memiliki sumberdaya kelautan seperti Indonesia, konsumsi ikannya 65 kg per kapita per tahun dan 56 kg per kapita per tahun," jelasnya.

Diterangkan Bambang, ikan sangat baik untuk kesehatan, karena merupakan sumber gizi hewani yang sangat potensial untuk membangun kecerdasan, pertumbuhan dan stamina manusia. Mengingat hal itu, pihaknya bekerjasma dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untukmenyuarakan dan mengkampanyekan konsumsi ikan.

 
Sementara, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menerangkan bahwa gerakan makan ikan ini sering kali dilupakan. Padahal penting untuk generasi masa depan. Dimana membiasakan makan ikan itu tidak hanya untuk kesehatan tapi untuk kecerdasan juga.
 
"Dan sekarang secara masiv berkolaborasi dengan PAUD se-Bogor dan didukung dari IPB kita kampanyekan mari makan ikan," tukasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.