Sukses

Pengering Udara Ternyata Cemari Udara di Sekitarnya

Pengering udara yang sering dijumpai di toilet umum ternyata dapat cemari udara yang berada di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Pengering udara saat ini bisa dengan mudah ditemui pada banyak tempat, khususnya di toilet umum. Selain berguna untuk mengeringkan tangan, tahukah Anda ternyata mesin ini bisa mencemari udara yang berada di sekitarnya?

Dilansir dari Fox News pada Sabtu (22/11/2014), sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Leend menemukan bahwa mesin pengering udara ternyata bisa mencemari udara yang ada di sekitarnya.

Mesin pengering udara adalah alat yang efektif untuk menyebarkan kuman di sekitar toilet umum, demikian hasil penelitian tersebut menyebutkan.

Penelitian ini dilakukan dengan cara melumuri tangan peserta penelitian dengan bakteri yang tidak biasa ada di toilet. Setelah tangan peserta dikeringkan dengan pengering, udara di sekitar mesin tersebut langsung mengandung bakteri 27 persen lebih banyak daripada yang ditemukan di tisu toilet.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bakteri masih tetap ada bahkan 15 menit setelah pengering digunakan.

"Maka, jika Anda mengeringkan tangah di toilet umum dengan pengering ini, Anda mungkin berlumuran kuman dari tangan orang lain," kata salah satu peneliti.

Penelitian ini kemudian menganjurkan untuk menggunakan tisu atau lap kering untuk mengeringkan tangan. Selain tidak menyebarkan kuman, penggunaan tisu atau lap lebih hemat energi daripada menggunakan pengering. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.