Sukses

5 Kesalahan Menggunakan Kondom

Jika Anda pikir, tata cara penggunaan kondom ada di kemasan dan mudah digunakan, mungkin Anda keliru

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pikir, tata cara penggunaan kondom ada di kemasan dan mudah digunakan, mungkin Anda keliru. Karena penggunaan kondom yang salah juga bisa membuat pasangan tidak nyaman.

Berikut ini, adalah kesalahan umum dalam penggunaan kondom, seperti dilansir Womenshealth, Sabtu (22/11/2014):

1. Menyimpan di dompet, saku belakang celana

Seorang profesor dari Indiana University, Debby Herbenick, Ph.D mengungkapkan menyimpan kondom di saku belakang celana adalah kebiasaan buruk. Sebab gesekan dan suhu hangat dalam kantung celana dapat membunuh efektivitas kondom.

2. Asal pasang

Untuk mencegah kebocoran, Herbenick menyarankan untuk menekan ujung kondom dengan mencubit sekitar setengah inci dari atas untuk meninggalkan ruang yang cukup bagi kelamin pria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah ukuran



3. Salah ukuran

Kebanyakan pria sering tidak sadar dan merasa pas menggunakan kondom. "Untuk memastikan suami Anda menggunakan ukuran tepat, hati-hati menggunakan kondom yang terlalu ketat atau renggang," ujar Herbenick.

4. Menggunakannya terlambat

"Menggunakan kondom saat menjelang finish ini kesalahan yangs ering dilakukan dan menyebabkan kehamilan dan penularan infeksi menular seksual," kata Herbenick. Ia menyebutkan, hanya 59 persen pasangan yang menggunakan kondom dengan benar. Sisanya, mereka memakainya terlambat atau terlalu cepat. Padahal yang benar, gunakan kondom dari awal sampai akhir.

5. Tidak periksa tanggal kedaluwarsa

Kondom dengan fitur pelumas tertentu, seperti spermisida cenderung berakhir lebih cepat dari yang lain. Maka itu, periksa tanggal kedaluwarsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini