Sukses

17 Kabupaten Raih Penghargaan Desa Sehat 2014

Sebanyak 17 pemerintah kabupaten memperoleh Perdesaan Sehat Award 2014 karena dinilai aktif dalam mendukung peningkatan kualitas kesehatan m

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 17 pemerintah kabupaten memperoleh Perdesaan Sehat Award 2014 karena dinilai aktif dalam mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

"Pemberian award ini merupakan rangkaian Jambore Perdesaan Sehat (PJS) periode 2014 yang dilaksanakan untuk kedua kalinya, setelah yang pertama dilakukan di Lombok," kata Ketua Panitia PJS

DR Hanibal Hamidi disela-sela pemberian award kepada masing-masing perwakilan kabupaten di Kantor Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/11/2014).

Ke-17 Pemkab itu diantaranya adalah Pemkab Papua Barat, Situbondo, Muna, Konawe Selatan, Halmahera Timur, Sumbawa Barat, Dompu, Lampung Utara, Manggarai Timur dan Pemkab Pangkajene dan kepulauan (Pangkeng) di Sulawesi Selatan.

Menurut dia, JPS itu merupakan suatu kegatan yang menyinergikan lintas sektoral untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Staf Ahli Kemenkes RI Bidang Peningkatan Kapasitas Kelebagaan Desentralisasi dr Bambang Sardjono pada kesempatan yang sama mengatakan, dari upaya mewujudkan MGD's 15 yang menekankan dari delapan indikator menjadi 12 indikator.

"Konteks air bersih yang merupakan bagian dari sanitasi itu menjadi salah satu ukuran dalam MGD's yang tak lain bagian dari pola hidup sehat," katanya.

Selain itu juga akan dilihat dari ketersedian dan keterjangkauan air bersih yang semuanya dilakukan dengan mengedepankan tindakan promotif dan preventif.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Perwakilan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Moch Natsir, Msc yang menjabat sebagai Direktur Pengembangan Air Minum dan Deputi I Bidang Pengembangan Sumber Daya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi DR Suprayoga Hadi MSP, serta Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kementerian Pertanian Dr Tjuk Eko Hari Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.