Sukses

Hamil Lebih dari 5 Kali Bisa Sebabkan Sakit Jantung

Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang telah hamil 5 kali atau lebih berisiko lebih tinggi terkena sakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi bernama Hispanic and Latina menemukan bahwa mereka yang hamil 5 kali atau lebih berisiko lebih tinggi terkena sakit jantung, demikian seperti dilansir dari Fox News pada Jumat (21/11/2014).

Penelitian mengambil sampel dari 855 perempuan yang berusia 45 tahun atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang telah 5 kali hamil atau lebih akan berisiko terkena penyakit jantung 3 kali lebih besar daripada mereka yang belum pernah hamil.

Penelitian ini menemukan bawa 85 persen perempuan yang telah hamil 5 kali atau lebih memiliki masalah fungsi jantung yang disebut fungsi diastolik, yaitu menurunnya kinerja jantung dalam fase relaksasi siklus jantung.

Disfungsi diastolik juga ditemukan pada 60 persen perempuan dengan kehamilan 2-4 kali.

"Selama kehamilan, untuk mendukung kinerja janin, sistem kardiovaskular perempuan harus menjalankan adaptasi besar," kata Dr Shivani Aggarwal dari Wake Forest School of Medicine di Winston-Salem, North Carolina.

Perubahan ini meliputi penebalan otot jantung yang meningkatkan massa otot sebanyak 50 persen sebagaimana juga meningkatkan curah dan denyut jantung.

Selain gangguan jantung, para peneliti juga menemukan sekitar 25 persen perempuan menderita diabetes dan 42 persen pra-diabet.

Kemudian, 27 persen dari semua perempuan yang diteliti juga ditemukan menggunakan obat untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih detail hubungan antara perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan dan hubungannya dengan risiko sakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.