Sukses

Saat Anak Bermain Internet, Ini yang Harus Dilakukan Ortu

Sebaiknya orang tua mendampingi agar tetap dapat menjalin komunikasi dengan anak mengenai apa yang bisa mereka akses dan tidak.

Liputan6.com, Jakarta Ketika anak sedang mengakses internet melalui gadget mereka, sebaiknya orang tua mendampingi agar tetap dapat menjalin komunikasi dengan anak mengenai apa yang bisa mereka akses dan tidak.

Untuk itu, Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyarankan sebaiknya gadget seperti laptop ditempatkan di ruang publik di rumah agar dapat mengawasi penggunaan internet dan gadget.

Ada baiknya juga bila orang tua turut berteman dengan anak-anak mereka di jejaring sosial, misalnya Facebook dan Twitter.

Hanya saja, orang tua perlu tahu batasan agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada anak mereka, misalnya tidak turut memberikan komentar di jejaring sosial bila ada hal yang dirasa kurang sesuai.

"Bicarakan di luar itu, coba korek informasi dan biarkan anak yang bercerita," kata Vera.

Menurut Vera, bila orang tua kerap ikut berkomentar di jejaring sosial, anak akan merasa tidak nyaman dan bahkan membuat akun lain yang tidak berteman dengan orang tuanya.

Bila anak telah terlanjur sering menggunakan gadget sehari-hari, Vera berpendapat orang tua perlu menyiapkan kegiatan alternatif yang melibatkan aktivitas fisik, misalnya bermain di luar rumah.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menjalin komunikasi agar anak nyaman bercerita apa saja terhadap orang tua.

"Orang tua harus jadi teman terbaik anak,jangan mau kalah sama gadget," kata Vera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini