Sukses

Awas, Gadget Bikin Anak Jadi Individualis

Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan UI Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan gadget bisa membuat anak individualis

Liputan6.com, Jakarta Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan perangkat komunikasi atau "gadget" membuat anak menjadi individualis.

"Saya turut prihatin, saat ini, anak-anak cuek pada lingkungan sekitar. Generasi sekarang lebih asyik main ponsel ketimbang ngobrol dengan teman disampingnya," kata dia di Jakarta, Kamis dalam acara Sampoerna Foundation..

Menurutnya hal yang membuat anak menjadi individualis adalah mencontoh perilaku orang tuanya yang asik dengan "gadget".

"Ibu yang nyusuin sambimain "gadget" sama saja artinya hanya memenuhi kewajibannya, tanpa melakukan pendekatan dengan anak," tutur dia.

Sementara itu artis Sigi Wimala mengatakan anak-anak sekarang hidup dalam dunia digital yang mengenal "selfie".

"Anak generasi sekarang ini cerah banget hidupnya," kata Sigi.

Namun sebagai orang tua, sambung Sigi, penting untuk menanamkan rasa berbagi kepada anak.

"Kita harus ajarkan anak tentang pentingnya berbagi. Saya tidak tahu seperti apa, tapi sepertinya setiap manusia punya mekanisme rasa bahagia ketika menolong orang lain," jelas ibu satu anak itu.

Vera menambahkan baru-baru ini ada penelitian dari Universitas Harvard Amerika yang menyebutkan 80 persen anak-anak akan bisa bahagia kalau dapat nilai bagus.

Hanya 20 persen anak yang bahagia jika membuat temannya bahagia, atau dengan kata lain anak yang mau menolong temannya.

Sementara itu Manajer pengumpulan dana Yayasan Putera Sampoerna Imran Razy mengatakan pihaknya mengajak keluarga di Tanah Air untuk saling berbagi agar menciptakan generasi yang penuh empati dan peduli sesama.

"Kami mengajak keluarga Indonesia untuk melakukan aksi lima menit biasa berbagi sebagai langkah awal orang tua untuk menanamkan kebiasan berbagi pada anak dan remaja sejak dini," tukas Imran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.