Sukses

Logam Karatan? Bersihkan dengan Cairan Kentang Saja

Liputan6.com, Jakarta Kentang yang merupakan sumber karbohidrat pengganti beras, memiliki peran cukup besar dalam membersihkan perabotan yang sulit untuk dibersihkan.

Ya, siapa sangka, di tangan ibu rumah tangga asal London, Inggris, Amanda Cable, sayuran bulat berwarna kuning yang dilapisi kulit berwarna cokelat ini ampuh membersihkan logam-logam berkarat, seperti badan mobil.

Menurut sepengetahuan dia, kentang mengandung asam oksalat yang berguna melarutkan karat bereaksi dengan besi dalam logam, untuk membentuk oksalat besi. Nantinya, akan larut dalam air.

"Sedangkan saat ini, banyak produk pembersih rumah tangga yang terbuat dari bahan asam oksalat," kata dia seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (20/11/2014)

Cara kerjanya adalah potong kentang menjadi dua, dan celupkan ujung dataran kentang yang telah dipotong dengan garam. Setelah itu, gosok pada seluruh wilayah yang berkarat.

"Kekuatan abrasif garam membantu menghilangkan residu dari permukaan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.