Sukses

Waspada, Terpeleset Bisa Sebabkan Cedera Tulang

Keparahan kondisi tulang belakang, ternyata bisa disebabkan oleh kejadian sepele, kepeleset di kamar kecil misalnya.

Liputan6.com, Jakarta Keparahan kondisi tulang belakang, ternyata bisa disebabkan oleh kejadian sepele, terpeleset di kamar kecil misalnya. Hal ini bisa menyebabkan bergesernya tulang belakang atau disebut spondylolisthesis.

Seperti diungkapkan Chiropractor dari University of California, Los Angeles, Neil G Furuno, D.C bahwa kondisi yang paling parah dan memperngaruhi tulang belakang biasanya disebabkan karena keturunan dan terpeleset.

"Terpeleset bisa menyebabkan tulang belakang bergeser (spondylolisthesis) dan sulit disembuhkan. Jika dibiarkan, kasus ini bisa mengakibatkan kondisi serius seperti nyeri pinggang, leher, tangan kebas dan sejumlah keluhan lain yang membuat iritasi saraf," katanya pada Liputan6.com saat ditemui di tempat praktiknya, Chiropractic Indonesia di Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Lebih lanjut, Neil menerangkan, spondylolisthesis terjadi karena bantalan tulang ruas tulang belakang ke arah depan terhadap ruas tulang belakang di bawahnya. Terdapat lima jenis spondylolisthesis yaitu kongenital / dysplastic, isthmic, degeneratif, trauma, dan patologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.