Sukses

Hindari 6 Kebiasaan yang Memperburuk Kesehatan Mental

Tanpa disadari ada beberapa kebiasaan yang ternyata membuat buruk kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Tentu Anda tidak ingin mengalami depresi atau kegelisahan maupun aneka gangguan mental yang lain. Sayangnya, banyak kebiasaan sederhana yang tanpa disadari memicu gangguan pada kesehatan mental. Salah satunya terlalu banyak tidur.

Dilansir dari Boldsky pada Selasa (18/11/2014), hindari enam kebiasaan berikut yang sering kita lakukan ini:

1. Terlalu banyak tidur
Penelitian medis telah membuktikan bahwa terlalu banyak tidur berdampak pada depersi. Tak hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga meningkatkan risiko diabetes.

2. Kurang tidur
Tak cuma kekurangan, berlebihan tidur berdampak pada kerja otak tak seimbang. Yang menyebabkan kecemasan pada orang muda.

3. Minum alkohol
Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit bisa memberikan manfaat baik. Namun jiga berleebih bisa menimbulkan kesehatan mental terganggu seperti kegelisahan dan depresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak berolahraga

4. Tak  berolahraga
Olahraga teratur dapat meningkaktan kesehatan mental. Nah, jika kekurangan bisa menyebabkan stres.

5.  Tak mau memelajari hal baru
Belajar hal baru bisa memengaruhi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan otak stagnan karena tidak memelajari hal baru.

6. Tak bersosialisasi
Sebenarnya otak manusia dirancang otomatis untuk bersosialisasi. Ketika tak mau bersosialisasai menimbulkan kontribusi yang buruk pada kesehatan mental dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini