Sukses

5 Cara Mudah Bikin Otak Anda Makin Encer

Kesehatan otak harus kita jaga. Bingung? Berikut ulasan mengenai cara mudah menyehatkan otak.

Liputan6.com, Jakarta Otak merupakan bagian organ tubuh yang sangat penting untuk tetap menjaga fungsi kesehatan secara menyeluruh. Otak akan menjalankan tugasnya dengan benar apabila otak juga diberikan kebutuhan dan menghindari hal-hal yang merugikan otak. Untungnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan membenarkan kebiasaan sehari-hari yang `sedikit` buruk, dapat memberikan dorongan agar otak bisa mengoptimalkan fungsi.

Berikut adalah enam langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan otak seperti yang dilansir dari Youbeauty.com, Selasa (18/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhenti khawatir

1. Berhenti Khawatir

Sering memusingkan hal-hal kecil? Sebaiknya dikurangi karena hal ini bisa membuat disfungsi mental. Dalam penelitian terbaru oleh para peneili di Universitas Gothenburg di Swedia, memperlajari bahwa sekelompok wanita akan mengalami peningkatan tingkat kecemasan meningkat di usia 40-an. Mereka cenderung akan lebih mudah marah karena stres. Hal ini sulit dilakukan karena berhubungan dengan kepribadian, tetapi belajar mengelola stres baik dilakukan.

2. Bergerak

Bergerak memang bisa membantu menjaga kesehatan dan manajeman berat badan. Lebih banyak bergerak seperti berjalan selama 5-30 menit ternyata bisa membantu meningkatkan tingkat kemampuan seseorang dalam berfokus sehingga otak bisa menjadi lebih sehat. Bahkan studi yang diterbitkan di `Acta Psychologica` mengatakan bahwa belajar sambil olahraga bisa membuat seseorang lebih mengingat pelajarannya tersebut dibandingkan belajar tidak sambil berolahraga.  Meskipun begitu, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Cara 3-5

3. Makan Makanan Berbahan Kunyit

Para peneliti dari `he Institute of Neuroscience and Medicine` di Jülich, Jerman, kini telah menemukan bahwa kunyit merupakan bahan makanan yang dpaat membantu mengobati gangguan otak. Penelitian yang diterbitkan dalam `Stem Cell Research & Therapy`, menemukan bahwa kunyit mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan sel-sel induk yang baik bagi otak.

4. Tamasya ke Alam

Sebuah penelitian terbaru dari University of Michigan menemukan bahwa bertamasya sambil menikmati pemadangan alam bisa mengurangi rasa depresi, stress, serta bauk untuk menyehatkan mental. Menariknya, mereka yang baru saja mengalami peristiwa tidak mengenakan seperti kematian anggota keluarga, justru sangat dianjurkan untuk melakukan tamasya.

5. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Memang sudah sering kali terdengar buah dan sayuran baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbikan di `BMJ Open`, para peneliti mengungkapkan bahwa kesehatan otak dan mental memiliki hubungan langsung dengan buah dan sayuran. Cukup masuk akal karena ketika dijauhkan dari penyakit dengan memakan buah dan sayuran maka Anda akan hidup lebih bahagia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.