Sukses

Gaya Hidup Pencegah Asam Urat

Beberapa gaya hidup ini dapat mencegah terkena asam urat. Cobalah.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit asam urat biasanya menyerang mereka yang telah berusia lanjut. Asam urat biasanya ditandai dengan nyeri sendi, rematik dan sakit pinggang. Asalnya memang tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan, asam urat akan berbahaya bagi tubuh.

Penyakit asam urat sendiri merupakan akibat dari konsumsi zat purin, yaitu zat yang terkandung dalam setiap bahan makanan yang berasal dari mahluk hidup. Selain dari makhluk hidup, zat purin juga terdapat dalam sayuran, buah, dan sisa sel-sel tubuh yang rusak. Asam urat adalah akibat dari penumpukan zat purin ini.

Selain itu, ada juga beberapa gaya hidup yang dapat mengakibatkan asam urat. Maka, untuk menghindarinya, gaya hidup ini tidak boleh diikuti.

Dikutip dari laman Patient.co.uk pada Selasa (18/11/2014), salah satu gaya hidup yang dapat dilakukan adalah menghindari makan makanan yang kaya dengan zat purin, misalnya makanan laut seperti udang dan kepiting. Konsumsi lain yang patut dihindari adalah minuman keras dan soft drink secara berlebihan.

Selain itu, beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah asam urat adalah selalu meminum air putih agar tidak dehidrasi dan cobalah untuk cek darah setidaknya 1 kali dalam setahun. Sebab, dengan cek darah maka potensi asam urat akan dapat diketahui lebih cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme Asam Urat.

    Asam Urat

Video Terkini