Sukses

5 Manfaat Manis Cokelat Hitam

Meskipun rasanya agak pahit, namun rutin mengonsumsi cokelat hitam memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak suka cokelat? Hampir semua orang suka dengan cokelat. Sayangnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat menimbulkan rasa sukacita dan rasa bersalah pada saat bersamaan.

Namun diantara tiga jenis cokelat yang ada, cokelat hitam yang paling tidak menimbulkan rasa berdosa karena mengandung kakao hingga 60 persen.Berbeda dengan cokelat susu yang mengandung lebih banyak gula serta lemak, lalu cokelat putih tak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Oleh karena itu, lebih baik pilih cokelat hitam karena cukup dengan dua kotak kecil per hari dapat meningkatkan enam berbagai manfaat kesehatan. Seperti dilansir Women's Health pada Senin (17/11/2014) bermanfaat untuk:

1. Otak
Kokoa mengandung antioksidan bernama polifenol yang meningkatkan aliran darah ke otak sehingga meninkgaktan kecerdasan dan ingatan.

2. Jantung
Epicatechin, slah satu komponen dalam kokoa yang terasa pahit bisa menurunkan tekanan darah. Setelah dua minggu mengonsumsi cokelat hitam bisa menurunkan risiko dari stroke hingga 20 persen.

3. Mood
Lemak kokoa buter bisa mendorong endorfin alami dan sedikit anandamide, sebuah bahan yang bekerja seperti mariyuana pada otak. Namun, tak perlu khawatir rasa bahagia yang ditimbulkan tidak tinggi seperti mariyuana.

4. Mengidam
Mengonsumsi cokelat bisa membuat kecanduan, untuk makan lagi dan lagi.

5. Turunkan berat badan
Penelitian menemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi cokelat memiliki tubuh lebih ramping dibandingkan dengan yang tidak makan sama sekali.

 

Baca Juga

Batuk Kronis Bisa Disembuhkan dengan Coklat Hitam

Cokelat Hitam Pangkas Risiko Jantung dan Stroke

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.