Sukses

6 Kebiasaan yang Membuat Kecerdasan Anda Menurun

Beberapa kebiasaan dapat membuat kecerdasan menurun, salah satunya adalah mengkonsumsi alkohol.

Liputan6.com, Jakarta Percaya atau tidak, ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat kecerdasan seseorang menurun. Meskipun beberapa kebiasaan tersebut seringkali dianggap tidak memiliki dampak apapun, tetapi nyatanya beberapa kebiasaan dapat menghentikan seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya.

Kebiasaan ini jelas merupakan hal yang buruk. Jika dilakukan terus menerus, maka bukan tidak mungkin kebiasaan ini membuat seseorang memilih keputusan yang salah dalam hidupnya.

Kebiasaan apa saja itu? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Lifezap, Senin (17/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Menciptakan dan Mengevaluasi

1. Tidak menciptakan dan mengevaluasi

Seseorang tidak bisa menciptakan dan mengevaluasi disaat yang bersamaan. Pertama-tama, seseorang harus menemukan apa yang ingin diciptakannya dan membuat rencana untuk itu. Setelah apa yang ingin diciptakan telah diterapkan, maka evaluasi baru bisa dilakukan. Sekali lagi, jangan lakukan dua hal ini bersamaan. Apalagi, tidak melakukan keduanya.

2. Anda berpikir bahwa Anda adalah seorang ahli

Menganggap diri seorang ahli adalah salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan kecerdasan. Terbukalah untuk informasi apapun yang tidak diketahui untuk belajar hal yang baru. Bukan hanya dapat mempelajari hal baru, bertindak seperti ini juga bisa membuat seseorang menghargai orang lain.

3. Ketakutan

Jika seseorang takut untuk gagal, maka mereka tidak akan mencoba hal yang baru. Jika bertindak seperti itu, seseorang tidak akan menjadi lebih baik. Maka yang perlu dilakukan adalah menghilangkan rasa takut dan coba semua hal yang baru.

3 dari 3 halaman

Kurang Percaya Diri

4. Kurang percaya diri

Hal ini mirip dengan ketakutan. Jika seseorang tidak percaya diri, maka mereka tidak akan mempelajari hal baru dan berkembang. Percaya dirilah, bahkan ketika melakukan hal yang salah. Hal ini bisa membantu membangun kecerdasan. Sebaliknya, kurang percaya diri juga membuat kecerdasan menurun.

5. Membuat batasan irasional

Ketika seseorang membuat batasan yang tidak relevan untuk dirinya sendiri, maka sebenarnya saat itu mereka sedang menghalangi kecerdasan dan kemampuan untuk belajar. Hal ini bukan hanya menurunkan kecerdasan, tetapi juga menghentikan seseorang untuk belajar hal baru yang bisa membuatnya menjadi lebih baik.

6. Minum minuman keras

Meminum alkohol sesekali memang tidak menurunkan kecerdasan. Tetapi, alkohol tetap saja akan menghambat sel-sel otak untuk menerima informasi baru. Jadi, meskipun mengonsumsi alkohol, janganlah mengonsumsinya berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini