Sukses

Olahraga Tak Selalu Turunkan Berat Badan

Tetap ada paling tidak lima manfaat lain berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita mengetahui bahwa berolahraga merupakan cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun fakta lain terkuak lewat studi yang diterbitkan  The Journal of Strength and Conditioning Research bahwa tak semua orang yang berolahraga mampu menurunkan berat badan.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Arizona State University di Phoenix menganalisis terhadap 81 wanita gemuk. Mereka diminta untuk berolahraga tiga kali seminggu selama 30 menit. Setelah 12 minggu, ditemukan bahwa beberapa orang kehilangan berat badan sementara yang lain bertambah berat badannya.

Para peneliti mencoba untuk menganalisis apa penyebab berat badan tak turun maupun malah bertambah, namun tak ditemukan hasilnya. Tapi tahukah Anda, bahwa meskipun berat badan tak menurun ada manfaat lain yang tak kalah hebatnya seperti dilansir seperti dikutip dari Time (14/11/2014) yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah pikun

1.  Cegah pikun
Peradangan kronis dan ketidakseimbangan hormon berperan dalam kehilangan memori. Untungnya olahraga bisa membantu otak terus bekerja dengan baik. Olahraga meningkatkan aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh, termasuk otak, sehingga suplai darah ke otak lancar.

2. Hindari stres
Berolahraga menjaga hormon kortisol stabil sehingga menurunkan kecemasan dan gelisah menurut dokter olahraga dokter Jordan Metzl.

3. Tak mudah lelah
Bila tak ingin tubuh mudah lelah, coba mulai berolahraga secara teratur. Menurut penelitian yang dilakukan di Univesity of Georgia pada 2007 bisa menurunkan kelelahan hingga 65 persen.

3 dari 3 halaman

Terhindar penyakit jantung

4. Terhindar penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian 2012, para peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan cepat dibandingkan dengan berjalan mengurangi kesempatan mereka mengembangkan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.

5. Kurangi nyeri punggung
Sakit punggung adalah penyakit yang sangat umum, dan penelitian menunjukkan bahwa yang tepat latihan seperti latihan beban dapat menurunkan rasa sakit. Latihan juga merupakan salah satu cara paling sederhana untuk melindungi tubuh Anda dari cedera di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini