Sukses

Kenapa Kerap Lupa Menaruh Kunci?

Tidur berkualitas pengaruhi ingatan Anda dimana meletakkan kunci.

Liputan6.com, Jakarta Buru-buru ingin berangkat namun kunci motor kok tidak ada ya di tempat biasanya diletakkan ya. Alhasil butuh waktu bermenit-menit untuk mencari kunci tersebut.

Sering mengalami hal tersebut? Anda tak sendiri, ada banyak orang yang memiliki kebiasaan yang sama. Untungnya para peneliti dari New York University Langone Medical Center sudah tahu apa penyebabnya.

Ternyata, gangguan tidur seperti sleep apnea (mendengkur dan nafas berhenti saat tidur) bisa bisa mengganggu gerakan mata atau rapid eye movement (REM) saat tidur. Hal ini berdampak pada memori spasial, sebuah memori yang bertanggungjawab mengingat dimana hal-hal berada.

Selain sleep apnea, bagi Anda yang sering mengalami insomnia, makan obat, atau menjadi orangtua baru akan terganggu tidur yang berdampak pada REM. Efeknya pun sama, Anda jadi lupa terhadap sesuatu.

REM dalam tidur berperan penting untuk proses pembentukan memori spasial baru terang seorang instruktur klinis di NYU Langone Medical Center sekaligus penulis studi Andrew Varga, MD, Ph.D. "Ketika memori spasial terganggu, Anda sering lupa menaruh kunci, lupa parikir mobil serta lupa arah pulang dari tempat yang baru dikunjungi," terang Varga seperti dikutip laman Men's Health pada Jumat (14/11/2014).

 

Baca Juga:

Sleep Apnea, Gangguan Tidur yang Bikin Anda `Ngorok`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sleep apnea adalah gangguan tidur serius berupa kondisi pernapasan yang terganggu saat seseorang tidur.

    Sleep Apnea

  • Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

    Gangguan Tidur

Video Terkini