Sukses

6 Cara Mudah Hadapi Sakit Tenggorokan

Bagaimana cara menghilangkan sakit tenggorokan dan tidak perlu keluar rumah atau ke dokter? Berikut ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta Hati-hati jangan sampai mengalami sakit tenggorakan di musim hujan ini. Sebab, sakit tenggorokan bisa menjadi tanda pertama influenza, efek samping dari pita suara yang menegang, atau indikasi penyakit yang lebih serius (seperti radang tenggorokan).

Terlepas dari penyebabnya, saat serangan nyeri menyerang segera obati tenggorakan Anda. Mungkin Anda ingin segera buru-buru pergi ke dokter, tapi Anda juga bisa mengobatinya di rumah.

Bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari health.com, Kamis (13/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kumur dengan Air Garam

1. Kumur dengan Air Garam

Beberapa studi telah menemukan bahwa berkumur dengan air garam yang hangat selama beberapa kali dalam sehari, dapat membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan melonggarkan lendir. Air garam ini juga cocok untuk mengatasi iritasi akibat bakteri.

Umumnya, dokter akan merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Jika rasa asin tidak begitu membuat Anda nyaman, coba tambahkan sedikit madu untuk mempermanis campuran. Ingatlah untuk buang air asin tersebut, jangan ditelan!

3 dari 7 halaman

Minum Obat Batuk Jenis Sirup

2. Minum Obat Batuk Jenis Sirup

Obat batuk akan membantu mengobati tenggorokan Anda bahkan ketika Anda tidak sakit batuk sebelumnya. Obat batuk bisa berperan sebagai selimut bagi tenggorokan sehingga membantu menghilangkan nyeri sementara waktu. Sebelum meminum, pastikan obat batuk tersebut terbebas dari efek samping mengantuk. Jika tidak? Pekerjaan Anda akan terganggu.

4 dari 7 halaman

Perbanyak Minum Air

3. Perbanyak Minum Air

Memperbanyak minum dapat membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan. Minumlah yang banyak hingga urin Anda berwarna kuning, yang menunjukkan bahwa selaput lendir di tenggorokan sudah mulai `dilawan`. Minumlah apapun itu baik air hangat, air es, atau bahkan batu. Jus buah encer atau kuah kaldu ayam pun boleh Anda minum.

5 dari 7 halaman

Teh

4. Teh

Bosan minum air? Secangkir teh hangat juga menawarkan khasiat untuk mengurangi rasa nyeri sakit tenggorokan. Terlebih lagi teh hijau, hitam, atau putih yang mengandung lebih banyak antioksidan untuk memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Agar lebih berkhasiat, campurkan satu sendok teh madu.

6 dari 7 halaman

Sop Ayam

5. Sop Ayam

Obat kuno untuk pilek adalah sop ayam, yang juga bisa membantu menenangkan tenggorokan. Natrium dalam kaldu ayam memiliki sifat anit-inflamasi atau anti-radang. Sop ayam juga baik dikonsumsi karena bisa meningkatkan nafsu makan ketika sakit tenggorokan. Selain itu, makan makanan kering akan membuat tenggorokan semakin terasa nyeri.

7 dari 7 halaman

Istirahat

6. Istirahat

Istirahat mungkin merupakan solusi tercepat menghilangkan sakit tenggorokan. Namun, istirahat mungkin menjadi salah satu terbaik agar sakit tenggorokan dan berbagai penyakit Anda menghilang. Ingat, istirahat secukupnya, jangan terlalu lama! (Jazaul Aufa/Igw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini