Sukses

Tak Ingin Sakit? Bersihkan 6 Benda Berikut Lebih Sering

Jangan biarkan kuman dan bakteri bersemayam lama-lama dekat Anda yang membuat sakit.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa benda yang dekat dengan kita namun sering  dilupakan kebersihannya. Bahkan tak pernah dibersihkan. Padahal penting lho untuk sering membersihkan benda-benda ini karena banyak kuman penyebab penyakit flu yang berkumpul pada benda ini.

Pakar tentang kuman serta profesor mikrobiologi Charles Gerba, Ph.D, menyarankan untuk sering membersihkan lima benda berikut demi mencegah sakit flu yang banyak mendera di musim hujan seperti dilansir Women's Health pada Rabu (12/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komputer

1. Komputer
Benda apapun yang banyak tersentuh dengan jari cenderung memiliki jumlah kuman yang tinggi. Sehingga Anda harus membersihkan mouse dan keyboard lebih sering. Apalagi usai memegang kedua benda tersebut jari memegang mata, hidung dan mulut menyebabkan kuman mudah masuk ke dalam tubuh Anda.

2. Pintu kulkas
Kapan terakhir kali membersihkan pintu kulkas? Bagian ini memang sering dilupakan karena sebagian besar orang cenderung fokus membersihkan pada bagian dalam kulkas. Segera bersihkan pintu kulkas karena banyak tangan menyentuh area ini dengan membawa kuman yang dapat berkembang dengan cepat. Gerba menyarankan untuk membersihkan bagian tersebut seminggu sekali menggunakan disinfektan agar kuman benar-benar mati.

3 dari 3 halaman

Remote kontrol

3. Remote control
Saat makan keripik Anda menyentuhnya untuk mengganti saluran, lalu usai dari kamar mandi Anda menyentuhnya. Hal tersebut memungkinkan untuk bakteri dan virus berkembang. Gerba menyarankan untuk membersihkannya seminggu sekali.

4. Mobil bagian dalam
Jangan hanya perhatikan bagian luar mobil yang berdebu atau kecipratan air, bersihkan juga bagian dalam seperti pada kursi dan dashboard mobil dari debu. Terlebih bagi Anda yang memiliki anak, Gerba menyarankan untuk lebih sering membersihkan karena banyak remah makanan yang akan jatuh di dalam mobil berkembang menjadi bakteri.

5. Ponsel
Pernah membersihkan ponsel? Anda membawa benda ini kemanapun pergi dari makan hingga ke kamar mandi. Saat makan pun tangan Anda masih suka otak-atik ponsel membalas pesan teman. Makanan yang tertinggal di jari akan menempel pada ponsel yang kemudian berkembang menjadi jamur. Gerba sarankan untuk membersihkan ponsel dengan cairan khusus perangkat digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini