Sukses

Manfaat Jalan Kaki Bagi Orang Tua

Jalan kaki yang dilakukan secara rutin oleh orang tua akan mendatang sejumlah manfaat kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jalan kaki dapat dirasakan oleh para orang tua bila dilakukan secara rutin. Dengan meningkatnya kadar norepinefrin kimia dalam otak saat latihan fisik ini dilakukan, stres otomatis akan mengurang. 

Bahkan, penelitian terbaru menyebutkan bahwa hidup di lingkungan yang rutin mempromosikan jalan kaki secara rutin, akan membantu para orang tua menghidupkan indera, termasuk otak dan mental mereka.

Asisten Profesor Psikologi Klinis di University of Kansas Amerika Serikat, Amber Watts, menjelaskan bahwa jalan kaki dapat menurunkan tekanan darah dan tekanan sendi, dan mengurangi risiko stroke.

"Lebih dari itu, jalan kaki memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan mental," kata dia seperti dikutip Health Me Up, Rabu (12/11/2014)

Selain itu, jelas dia, jalan kaki juga dapat melepaskan endorfin, yang membuat orang tua senantiasa bahagia. Dengan begitu, dapat mengurangi depresi pada orang usia tua.

"Studi juga menunjukan bahwa pria tua yang rutin berjalan kaki, menunjukan terjadinya penurunan risiko untuk mengembangkan penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan demensia," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.