Sukses

Kiat Olah Tempe yang Baik untuk Anak

Banyak resep yang bisa dicoba dengan tempe untuk kita sajikan pada anak

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui kalau tempe memiliki nutrisi yang tidak kalah dari daging. Kandungan protein dalam tempe berguna untuk tumbuh kembangnya.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bagaimana mengolah tempe yang baik untuk anak. Inovator biskuit tempe kurma sekaligus dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Dr. Fatmah, SKM, M.Sc mengungkapkan bahwa tempe olahan bisa menjadi alternatif protein hewani si kecil untuk dapat gizi yang baik.

"Untuk tempe murni bisa digoreng aja atau dibikin mendoan. Tapi bisa juga diolah menjadi tepung tempe itu sehingga mengakali biar anak mau makan tempe, misalnya untuk anak yang nggak suka rasa dan bau tempe, bisa dibuat kue kering atau olahan lain seperti jus tempe, burger tempe atau es krim tempe," katanya pada wartawan di Depok, Selasa (11/11/2014).

Fatma menambahkan, manfaat protein nabati pada tempe bisa menjadi subsitusi protein hewani. "Tempe baik untuk pertumbuhan dan menambah tinggi badan anak karena ada vit B12 yang bantu pembentukan sel darah merah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.