Sukses

50 Persen Ibu RT Terinfeksi HIV, Bidan Beri Perhatian Lebih

Lima puluh satu persen bidan yang diwawancarai, menyatakan, peningkatan prevalensi virus HIV AIDS menjadi perhatian utama pada isu ini

Liputan6.com, Jakarta HIV AIDS merupakan salah satu dari delapan isu kesehatan utama yang menjadi fokus para bidan di 7 kota besar Indonesia berdasarkan suatu survei yang dilakukan oleh Edelman Indonesia pada 2014.

Lima puluh satu persen bidan yang diwawancarai, menyatakan, peningkatan prevalensi virus HIV AIDS menjadi perhatian utama pada isu kesehatan ini. 

"HIV AIDS juga penting untuk diketahui oleh para bidan. Kalau tidak salah, lima puluh persen ibu rumah tangga (IRT) terjangkit virus ini," kata Bidan Sri Indiah.

Penjelasan ini disampaikan Sri Indiah pada diskusi 'Healthcare Professional Survey 2014' di Belly Clan, Intiland Tower, Sudirman, Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Bidan Senior dan pengajar di Akademi Kebidanan di Bhineka Jakarta Satu, menerangkan, dari hasil tes HIV yang dilakukan di beberapa puskesmas, diketahuilah bahwa benar tidak sedikit masyarakat yang terjangkit HIV AIDS. 

"Benar saja, dari hasil survei itu terjaringlah angka-angka bahwa lima puluh persen memang mengidap itu," kata dia menambahkan.

Jika dari puskesmas didapat ada pasien yang terjangkit HIV AIDS, maka bidan akan merujuk pasien tersebut ke rumah sakit, untuk menjalani pengobatan lebih lanjut. 

"Dan bila pasien itu sedang hamil, maka kita menyarankan agar lebih hati-hati. Kalau memang ASI, ya ASI saja. Kalau memang susu formula, ya susu formula saja," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini