Sukses

Cegah Terkena HIV, Ini Cara Waria Lindungi Dirinya

Tak ingin terkena penyakit menular seksual, ini langkah preventif waria ini jaga tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar kaum wanita pria atau akrab disebut waria cenderung bergonta-ganti pasangan. Tak heran jika kaum ini memiliki risiko tinggi terkena penyakit menular seksual seperti HIV.

Meski banyak kaum waria yang tidak peduli dengan kesehatannya, waria yang satu ini berbeda. "Setiap bulan atau tiga bulan sekali saya memeriksakan diri di Puskesmas ditunjuk berada di Kebon Jeruk. Periksa darah kemudian cek adakah infeksi menular seksual," terang waria yang akrab disapa Ipunk Konyil saat berbincang dengan Health-Liputan6.com pada Selasa (11/11/2014).

Ipunk tak merasa hal ini sebagai kewajiban sehingga ia rutin melakukannya, terakhir pada tanggal 18 September lalu. "Toh ini gratis kenapa harus malas memeriksakan diri. Kan ini untuk kesehatan saya juga," ungkap waria usai bekerja sebagai make-up artis di news SCTV ini.

Meskipun waria, dokter yang mengeceknya tak memberikan diskriminasi meskipun sempat dimarahi terlebih dahulu.

Ipunk pun bercerita bahwa sudah dua tahun terakhir menjalani pemeriksaan yang dikordinir oleh Forum Komunikasi Waria dengan suntikan dana dari berbagai pihak ini. Tak ada alasan baginya untuk tidak memeriksakan diri meskipun ia selalu melakukan hubungan seksual yang aman dengan pria.

"Main amanlah, pakai kondom juga," ungkapnya.

Namun ia tak memungkiri bahwa banyak waria lain yang tak melakukan hal ini. "Ada juga yang bandel nggak mau periksa, padahal kalau periksa dan terbukti ada infeksi maupun terkena HIV bisa segera ditangani. Bukan malah pas saat sudah menggelepar-lepar baru periksa," ujar waria yang lahir di Banyuwangi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini