Sukses

UI Akan Tampilkan Inovasi Pangan dan Kreatif di Bali

Universitas Indonesia akan menggelar Konferensi Internasional the 2nd Asia Engage Regional Conference 2014

Liputan6.com, Jakarta Universitas Indonesia akan menggelar Konferensi Internasional the 2nd Asia Engage Regional Conference 2014 bertajuk 'Innovation and Creativity; Collaborating with Community to Tackle Problems across ASEAN, ASIA and Beyond pada 17-20 November di Nusa Dua, Bali.

Yang menarik, di acara ini UI juga akan menampilkan sejumlah program, pengabdian masyarakat yang berhasil memberikan dampak pada pemberdayaan masyarakat, antara lain produk kerajinan tangan suku anak rimba Jambi, produk olahan propolis, inovasi produk olahan tempe dan kurma untuk mengatasi kekurangan gizi pada anak serta produk inovatif lainnya.

Direktur Pengendalian Direktorat riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Bachtiar Alam, PhD mengatakan acara ini digagas sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.

"Perguruan tinggi di Indonesia wajib menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengab baik yang terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Konferensi ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat," katanya saat temu media di gedung ILRC, Universitas Indonesia, Depok (11/11/2014).

Acara yang akan digelar di Nusa Dua, Bali ini rencananya turut dihadiri sejumlah dekan dan akademisi kampus dari Kamboja, India, Thailand, Malaysia, Brunei, Singapura, Filiphina dan Pakistan. Dengan rangkaian acara kegiatan seperti workshop, plenary panel, poster presentation, higga kunjungan ke desa binaan.

Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia, Dra. Farida Haryoko, MPsi menambahkan sebagai bangsa yang kaya hasil pangan, semestinya Indonesia bisa menekan jumlah pangan impor.

"Kita perlu ketahanan pangan. Bagaimana meningkatkan produksi pangan itu cita-cita kita," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini