Sukses

Ini Lokasi Wisata Terfavorit di Solo

Ribuan koleksi batik berusia puluhan hingga ratusan tahun ada di museum yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar Solo apa tempat wisata yang langsung ada di kepala Anda? Diantara sekian banyaknya lokasi wisata di Solo Jawa Tengah ternyata Museum Batik Danar Hadi jadi terfavorit versi komunitas wisata Trip Advisor.

Tak mengeherankan memang jika banyak orang menyukai tempat wisata yang satu ini. Lokasinya yang berada di jalan Slamet Riyadi yang tak lain adalah jantung jalan kota Solo membuat para wisatawan mudah menemukan museum yang berisi koleksi ribuan batik berusia paling muda 50 tahun hingga ratusan tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk museum

Saat memasuki museum yang tepat di belakang showroom Batik Danar Hadi, nuansa Jawa kental terasa. Lalu, mulai nampak batik-batik dengan aneka corak tertata rapi sesuai zaman dan lingkungan. Ada batik Kraton, batik Pengaruh India, batik Belanda, batik Cina, batik Saudagar, batik Indonesia hingga Masterpice menurut versi Santosa Doellah sang pendiri batik Danar Hadi.

"Di dalam koleksi batik masterpiece batik-batik yang ada di dalamnya merupakan karya-karya batik yang luar biasa indahnya menurut Pak Santosa namun secara umum dilihat dari warna, pola, hingga kesulitan," terang Asisten Manager Museum, Asti Suryo saat ditemui Liputan6.com beberapa saat lalu.

Lalu, di batik Belanda terdapat batik dengan cerita Snow White, Little Red Riding Hood hingga Hanzel and Gretel. Hal ini karena pada masa 1840-1910 Indonesia masih dijajah Belanda, noni-noni Belanda mengarahkan para pebatik untuk menggambarkan  hal tersebut dalam selembar kain seperti diungkapkan Asti.

Masih banyak batik-batik dengan nilai mendalam yang tertuan dalam lembaran batik di Museum Batik Danar Hadi. Silahkan langsung datang saja ke museum yang beralamat di jalan Brigjen Slamet Riyadi No 261 Solo yang buka setiap hari dari pukul 09.00-16.30.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini