Sukses

Jumlah Anak yang Jalani Operasi Penurunan Berat Badan Kian Banyak

Jumlah anak obesitas yang melakukan operasi penurunan berat badan semakin banyak

Liputan6.com, London Jumlah anak yang menjalani operasi penurunan berat badan makin banyak, membuat sejumlah dokter harus beralih kepada jalan operasi untuk menangani kasus obesitas di London, Inggris.

Tak tanggung-tanggung, the National Bariatric Surgery Registry melaporkan bahwa usia dari seorang anak yang melakukan operasi penurunan berat badan terbilang sangat muda, dari 13 sampai 17 tahun.

Nantinya, usai menjalani operasi yang menelan biaya 5.000 Poundsterling (Rp 96 juta) anak-anak tidak lagi dapat menerima makanan terlalu banyak, karena ukuran dari perut mereka tidak mampu untuk menampung makanan tersebut.

Menurut para dokter di sana, operasi penurunan berat badan merupakan cara efektif dalam mengatasi diabetes tipe dua. Namun, dokter diminta untuk lebih hati-hati dalam menerima pasien yang akan menjalani operasi ini.

"Usia individu yang menjalani operasi ini semakin muda dan lebih muda. Sekarang ini, jumlah anak yang mengalami obesitas makin banyak," kata juru bicara National Obesity Forum, Tam Fry, seperti dikutip Daily Mail Senin (10/11/2014)

President of the Royal College of Surgeons, Clare Marx, mengatakan, karena obesitas kerap dikaitkan dengan sejumlah kondisi seperti diabetes, tidak hanya melemahkan hidup pasien, tetapi juga keuangan mereka. Maka itu, dengan operasi penurunan berat badan yang tidak lebih dari Rp 100 juta, dianggap mampu menghemat pengeluaran keuangan pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini