Sukses

Hindari Gigi Rusak Akibat Konsumsi Obat

Beberapa jenis obat bisa membuat kadar air liur dalam mulut berkurang yang picu gigi jadi rusak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sering mengonsumsi obat alergi, depresi, hati, dan obat untuk menstabilkan tekanan darah bisa mengakibatkan mulut menjadi kering. Meski bukan masalah primer, bibir kering menyebabkan hadirnya permasalahan lain yaitu meningkatkan risiko gigi rusak.

Mulut kering menjadi pertanda bahwa kadar air liur dalam mulut berkurang. Padahal air liur sangat dibutuhkan untuk melindungi gigi dari zat asam yang menyebabkan pembusukan dan erosi pada gigi menurut penasehat American Dental Association dan profeser di University of California Los Angeles School of Dentistry.

"Bila air liur dalam mulut kurang dalam hitungan bulan bisa membuat kerusakan pada gigi," ungkapnya seperti dikutip Prevention pada Jumat (7/11/2014).

Untuk menghidari kerusakan pada gigi satu-satunya cara adalah dengan merangsang agar air liur yang dihasilkan meningkat. Mengunyah permen karet bebas gula dan permen bebas gula bisa dilakukan setiap hari. Selain itu, jauhi makanan manis dan asam karena dapat mendorong terjadinya pembusukan dan erosi pada gigi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.