Sukses

Ada KIS, Fasilitas Kesehatan Ditambah?

Menindaklanjuti adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang belum lama ini diluncurkan Presiden Joko Widodo, apakah fasilitas kesehatan ditambah

Liputan6.com, Jakarta Minimnya fasilitas kesehatan, sering dikeluhkan warga. Tak sedikit di beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit mengalami antrean panjang sejak pagi hingga sore hari.

Menindaklanjuti adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang belum lama ini diluncurkan Presiden Joko Widodo, apakah fasilitas kesehatan akan ditambah?

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof Akmal Taher mengatakan, Kurangnya ketersediaan Fasilitas Kesehatan yang masih banyak dikeluhkan biasanya terjadi di daerah pinggiran kota besar. Kendati demikian, ia menampik akan membangun fasilitas kesehatan baru.

"Ini lebih kepada sistem rujukan yg barangkali belum sempurna. Data kita, banyak pasien datang ke RS besar padahal kalau ditinjau dari tingkat penyakitnya tidak perlu kesitu," katanya, seperti ditulis Kamis (6/11/2014)

Menurutnya, saat ini, jumlah RS swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah lebih dari 50 persen. Sehingga walaupun ada penambahan peserta KIS, mestinya bisa menampung. "Tapi saya setuju, kita harus menambah layanan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini