Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Dapur

Berikut adalah ulasan cara menghilangkan bekas luka dengan bahan dapur.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang, bekas luka pada bagian tubuh yang mudah terlihat menjadi salah satu hal yang paling mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan oleh wujud bekas luka yang agaknya tidak enak dipandang, bahkan memalukan. Untungnya, terdapat beberapa cara menghilangkan bekas luka. Tak usah repot-repot untuk melakukan operasi penghilang bekas luka, cukup dengan bahan-bahan yang terdapat di dapur pun bekas luka bisa menghilang. Bagaimana caranya?

Nah, berikut adalah ulasan cara menghilangkan bekas luka dengan bahan dapur seperti yang dilansir dari wikihow.com, Rabu (5/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bawang

Bawang

Bawang tak hanya berguna sebagai bahan utama masakan, tetapi ternyata bawang juga bisa berguna sebagai penghilang bekas luka dan sudah digunakan sebagai kandungan obat pengobatan bekas luka. Memang tidak berbentuk bawang segar, tetapi ekstrak dari bawang tersebut. Ekstrak bawang bertindak sebagai anti inflamasi dan akan menghambatkan produksi kolagen yang berlebih pada bekas luka.

Caranya, potong halus bawang dan tekan atau peras hingga cairan dari dalam bawang keluar. Oleskan cairan tersebut pada kulit Anda dengan menggunakan kapas beberapa kali dalam sehari. Memang hasil penghilangan bekas luka dengan menggunakan bawang tidak langsung terlihat, tetapi harus tetap dilakukan selama berbulan-bulan.

3 dari 5 halaman

Mentega Coklat (Kakao)

Mentega Coklat (Kakao)

Kelembaban yang dimiliki mentega jenis ini dapat membantu mempercepat produksi kolagen sehingga mampu memudarkan bekas luka. Meskipun demikian, pengaplikasiannya harus dilakukan secara rutin karena hasil akan terlihat sangat perlahan.

Cara Pengaplikasian:

a) Usapkan mentega coklat (kakao) ke kulit yang terdapat bekas luka.

b) Kemudian, pijat-pijat olesan dengan gerakan melingkar.

c) Terus pijat hingga mentega menghilang.

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya enak untuk disantap sebagai bahan minuman dingin, tetapi memiliki berbagai manfaat. Di antaranya, lidah buaya bermanfaat sebagai salah satu penyembuh alami dan penyubur rambut. Ternyata, lidah buaya juga berguna sebagai penghilang bekas luka.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Cukup dengan mengoleskan gel atau cairan lidah buaya setidaknya 2 kali dalam sehari. Gel atau cairan lidah buaya pun sudah mudah didapat di toko atau Anda bisa menanam sendiri tumbuhan ini.

5 dari 5 halaman

Madu

Madu

Madu cukup ampuh sebagai antibiotik. Beberapa ahli kecantikan pun sudah merekomendasikan madu sebagai bahan yang bisa menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya pun cukup mudah sama seperti menggunakan mentega. Cukup mengoleskan madu dengan gerakan melingkar pada bagian kulit yang terdapat bekas luka hingga madu menghilang.

Madu juga bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa bahan lain seperti gandum (oatmeal), gel atau cairan lidah buaya, dan mentimun.

Cara membuat campuran:

a) Campurkan  1 sdm oatmeal, 2 sendok teh madu, dan sedikit air. Jika terlalu, tambahkan air secara perlahan. Campuran jangan terlalu kental atau cair.

b) Kemudian, tambahkan sedikit cairan lidah buaya atau mentimun yang sudah dihalus. Aduk sampai merata. (Jazaul Aufa/Igw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini