Sukses

1 dari 3 Padi Paling Bermutu Ada di Jawa

Di antara tiga jenis padi yang ada di dunia, ada satu jenis yang mampu menghasilkan beras berkualitas prima dari Pulau Jawa

Liputan6.com, Jakarta Di antara tiga jenis padi yang ada di dunia, ada satu jenis yang mampu menghasilkan beras berkualitas prima dan ternyata beras tersebut berasal dari Pulau Jawa. Namanya Javanica. 
 
"Kita harus bangga karena nenek moyang mampu memilih kualitas tanaman menghasilkan beras yang sangat spesifik kualitasnya," tutur ahli ilmu pangan dan teknologi dari Balitbang Pertanian Prof. Dr. Ir. Djoko Said Damardjati, MS pada acara temu media 'Beras Berkualitas Mendukung Kualitas Hidup Keluarga' yang diadakan oleh beras Cap Ayam Jago di Hotel Lor In, Solo pada Selasa (4/11/2014)
 
Padi jenis ini hanya bisa dihasilkan di daerah tropis, di Indonesia sendiri terdapat sekitar 10 varietas yang dikembangkan, salah satunya padi Adan di Kalimanta Utara.
 
Produksi padi jenis javanica memang rendah, jika padi biasa menghasilkan beras delapan ton dalam waktu empat bulan, padi jenis javanica hanya tiga ton dengan jangka waktu enam bulan.  Namun proses panjang itu tak sia-sia karena beras yang dihasilkan padi Javanica sangat enak. "Teksturnya pulen dengan aroma wangi," tutur Prof. Djoko.
 
Menurut Prof Djoko, karena beras ini sangat terbatas namun citarasanya enak pada zaman dulu yang mampu mengonsumsinya hanya kalangan ningrat. Kini, bisa saja untuk membeli beras jenis ini namun memang terbatas. "Ada beberapa orang yang suka sekali dengan beras ini sehingga langsung membeli di petaninya langsung," ujarnya.
 
Meski berkualitas tinggi, Prof Djoko tak menyarankan untuk saat ini menggenjot produksi beras Javanica. "Meski kebutuhan beras termasuk tinggi di dunia, tapi kita masih kekurangan beras, sehingga yang diperlukan adalah beras yang dihasilkan dari padi yang mampu memberikan banyak hasil. Untuk javanica yang penting kita lestarikan saja," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini