Sukses

10 Terobosan Kesehatan Tahun 2015

Berikut beberapa terobosan di bidang kesehatan yang akan hadir di tahun 2015 nanti.

Liputan6.com, Jakarta Dunia kesehatan memang selalu mengalami kemajuan dengan berbagai temuannya. Pada tahun 2015 nanti, diprediksi akan ada banyak sekali inovasi-inovasi medis yang bermunculan yang berasal dari ide para dokter dan ilmuwan.

Seperti dilansir dari CNN pada Rabu (5/11/2014), setiap inovasi ini harus dapat tersedia di tengah masyarakat. Selain itu, temuan ini harus juga signifikan pada sebagian besar masyarakat.

Berikut 10 terobosan kesehatan tahun 2015 yang dipilih dari sekitar 700 inovasi:

1. Ambulans Spesial Stroke

Pada tahun 2015 nanti, akan ada ambulans yang khusus menangangi penderita stroke. Beda dengan ambulans biasa, ambulans khusus ini akan dilengkapi dengan teknologi tinggi seperti video broadband yang dapat membuat ahli saraf stroke bisa menginstruksikan paramedis yang ada di dalam mobil untuk melakukan tindakan medis yang tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vaksin Demam Berdarah

2. Vaksin Demam Berdarah

Organisasi kesehatan dunia melaporkan bahwa setengah penduduk dunia berisiko terkena demam berdarah. Tahun 2015 nanti, vaksin untuk penyakit ini akan tersedia. Saat ini vaksin tersebut masih terus dikembangkan dan diujicobakan.

3. Alat Tes Darah Tanpa Sakit

Ini adalah kabar gembira bagi mereka yang takut jarum. Tahun 2015 akan ada alat test darah yang tidak menyakitkan, meskipun caranya masih dengan mengambil darah pada ujung jari. Selain itu, alat baru ini akan lebih murah dan memberikan hasil yang lebih cepat dibanding alat yang ada saat ini.

4. Cara Baru Turunkan Kolesterol

Sebuah obat bernama PCSK9 membuat terobosan yang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Obat ini akan sangat membantu mereka dengan kolesterol tinggi.

3 dari 4 halaman

Obat Kanker Baru

5. Obat Kanker yang Tidak Membahayakan Jaringan Tubuh

Meskipun saat ini telah ada kemoterapi, tetapi cara ini dapat menyerang sel tubuh yang sehat, selain daripada sel kankernya sendiri.
sebuah terobosan yang akan hadir tahun 2015 di antaranya adalah obat kanker yang dapat membunuh sel kanker tanpa berefek pada sel-sel tubuh lainnya.

6. Penguat Imun untuk Pasien Kanker

Dikombinasikan dengan kemoterapi dan pengobatan radiasi, penguat imun ini akan lebih efektif untuk memerangi kanker. Obat ini masih terus dikembangkan dan ditargetkan rilis tahun 2015 nanti.

7. Alat Pemicu Jantung Wireless

Selama ini, untuk memicu jantung dunia medis masih mengenakan perangkat kabel. Saat ini, sedang dikembangkan alat pacu jantung wireless. Nantinya, alat pacu jantung ini akan menggunakan baterai lithium-ion yang akan tahan sekitar 7 tahun.

4 dari 4 halaman

Obat Paru-Paru Baru

8. Obat Baru untuk Sakit Paru Paru

Idiopathic pulmonary fibrosis adalah penyakit paru-paru yang sangat berbahaya. Gejala antara lainya adalah sulit bernapas sehingga suplai oksigen ke otak dan seluruh tubuh berkurang. Obat baru ini nantinya akan dapat mengatasi penyakit ini.

9. Terapi Radiasi untuk Kanker Payudara

Terapi radiasi ini adalah solusi baru untuk mengobati kanker payudara. Dengan terapi ini, penyembuhan kanker payudara akan semakin cepat dan mengurangi biaya yang dihabiskan.

10. Obat Baru untuk Gagal Jantung

Obat baru ini diproyeksikan akan dapat mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung dibanding pengobatan yang dilakukan saat ini.

Baca Juga:

8 'Bocah Ajaib' Calon Penyembuh Masa Depan

Perpanjang Umur dengan Bioteknologi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.