Sukses

Tes Darah Bakal Bisa Deteksi Kanker

Kedepannya, para ilmuwan di Inggris berharap dapat melakukan sekali tes darah untuk mengetahui sel kanker.

Liputan6.com, Jakarta Jika saat ini deteksi kanker memerlukan serangkaian tes. Ke depannya, para ilmuwan di Inggris berharap dapat melakukan sekali tes darah untuk mengetahui sel kanker. 

Mengutip laman Nydailynews, Selasa (4/11/2014), peneliti saat ini sedang mendeteksi 800 senyawa dalam darah pasien kanker. Penelitian ini penting karena sel-sel kanker berkembang dengan cepat bahkan sebelum pasien memiliki tumor.

"Sebuah tes darah tunggal ini diharapkan bisa langkah awal untuk deteksi dini kanker sehingga cara ini dapat meningkatkan kesembuhan pasien," kata penulis utama studi, yang juga profesor patologi di University of Warwick Medical School di Inggris , Ian Cree.

Hasil penelitian yang melibatkan review 19.000 karya ilmiah ini akan diumumkan pada acara Konferensi National Cancer Research Institute Cancer di Liverpool, Inggris, Minggu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini