Sukses

Satu Cara Agar Anda Bebas dari Kanker Payudara

Kanker payudara dapat dicegah hanya dengan melakukan aktivitas fisik selama tiga puluh menit

Liputan6.com, Jakarta Supaya terhindar dari kanker payudara, wanita berusia di atas tiga puluh tahun dianjurkan melakukan aktivitas fisik selama tiga puluh menit dalam sehari. Bila wanita mengalami obesitas akan lebih berisiko mengembangkan kanker payudara.

Butuh waktu selama tiga tahun bagi para peneliti untuk melakukan penelitian terhadap 126.000 wanita yang mengalami menopause, dan mencatat apakah di usia itu mereka mengembangkan kanker payudara atau tidak.

Tak ketinggalan, peneliti dari Oxford University meminta kepada para responden agar mengisi kuesioner tentang seberapa sering melakukan olahraga, mengecek berat badan, diet, dan kebiasaan merokok.

Hasilnya, mereka yang rutin melakukan aktivitas fisik selama tiga jam dalam seminggu, 21 persen lebih rendah mengembangkan risiko kanker payudara, ketimbang mereka yang tidak melakukan apa pun.

"Kami belum tahu persis bagaimana aktivitas fisik mampu mengurangi risiko kanker payudara. Tapi, sejumlah penelitian kecil telah menunjukan bahwa hal tersebut dapat dikaitkan dengan dampak pada kadar hormon dalam tubuh," kata Profesor Tim Key.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (3/11/2014), Key yang diketahui sebagai ilmuwan dari Unit Epidemiologi Kanker, Cancer Research UK, menjelaskan, selain mencegah kenaikan berat badan, satu teori penting adalah bahwa melakukan aktivitas fisik seperti Zumba dan aerobik secara intensif, dapat menurunkan jumlah estrogen dalam tubuh.

Meski melakukan aktivitas fisik secara rutin pada usia 30 tahun dapat mencegah terjadinya kanker payudara, ada baiknya untuk melakukan aktivitas fisik sejak usia muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.