Sukses

Serunya Berakhir Pekan di Taman Kelinci Cisarua

Kemana Anda akhir pekan ini bersama keluarga? jika belum ada rencana, mungkin Anda bisa mengunjungi UR2farm-Taman Kelinci di Cisarua, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Kemana Anda akhir pekan ini bersama keluarga? jika belum ada rencana, mungkin Anda bisa mengunjungi UR2farm-Taman Kelinci di Cisarua, Bogor. Selain memberikan si kecil edukasi untuk beternak kelinci, Anda juga bisa diajak berkebun tanaman organik.

Bertempat di kawasan Puncak dengan luas tanah sekitar 1,5 hektar, Anda akan diajak mengetahui budidaya bermacam-macam jenis kelinci lokal dan internasional.

Menurut pemilik, Nuning Nurhayati saat ini ada sekitar 900 kelinci termasuk kelinci hias dan pedaging yang ada di UR2farm. Kelinci hias ada beragam jenis, mulai dari Rex, Satin, Lyon, Angora, Hotlot, Dutch, Flemish Giant, Fuzzy Lop, Holand Lop.

"Disini ada kelinci hias dan pedaging. Kelinci yang biasanya di rumah-rumah itu kelinci hias. Tapi yang biasanya dagingnya dimakan itu jenisnya berbeda, itu kelinci pedaging yang memang gemuk," kata Nuning pada Liputan6.com di UR2farm, Cidokom kav 67 Rt01/08 Cisarua, Bogor, Sabtu (1/11/2014).

Yang menarik, menurut wanita yang pernah mendapatkan sejumlah penghargaan berkat beternak kelinci ini, daging kelinci memiliki tinggi protein dan rendah kolesterol sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang menyamakan semua kelinci untuk dimakan, padahal kelinci hias dan pedaging berbeda.

"Iya, banyak yang bilang lucu, kasihan, kenapa dagingnya dimakan. Padahal daging kelinci itu bagus untuk kesehatan karena tinggi protein dan rendah kolesterol," ungkapnya.

Nuning mengatakan, di UR2farm Anda akan mengetahui cara-cara beternak kelinci yang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi kotoran kelinci sangat berguna untuk menyuburkan tanah.

"Pada dasarnya semua kelinci sangat mudah perawatannya, yang penting kandangnya bersih dan makanannya dijaga. Misalnya kalau mau diberi wortel, beli pagi, sorenya baru dikasi agar getahnya tidak membuat kelinci sakit. Selebihnya, kelinci yang sakit ketahuan bila ia tidak nafsu makan," katanya.

Keseruan itu tidak cukup sampai disitu, kelinci-kelinci lucu disini juga seringkali dibebaskan, apalagi bila ada yang pengunjung. Sebagai informasi, kelinci menyukai tempat yang rindang, tidak panas, tidak terlalu dingin dan tidak hujan.

Nah, bagi Anda yang suka berkebun, tempat ini juga menawarkan paket berkebun tanaman organik. Dengan hasil kebun seperti daun bawang, ubi, wortel dan sebagainya, Anda akan mengetahui kalau sebagian kecil dari sayuran yang dijual di supermarket juga berasal dari kebun disini.

Berlatar belakang pegunungan puncak yang menawan ditambah hawa sejuk khas dataran tinggi, tak ada salahnya bila Anda mengunjungi tempat ini. Dan mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu tempat favorit keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini