Sukses

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Bercinta?

Liputan6.com, Jakarta Saat bercinta, tubuh pria maupun perempuan mengalami berbagai perubahan yang menakjubkan. Namun sebagian dari Anda pernahkah memikirkan apa saja perubahan yang terjadi pada tubuh?

Menurut ahli terapis seks Master dan Johnson terdapat empat fase saat melakukan hubungan bercinta meski dengan intensitas waktu yang berbeda. Dilansir dari WebMD pada Jumat (31/10/2014) berikut empat fase bercinta dari awal hingga akhir.


1. Semangat menggebu
Perasaan senang dan menggebu-gebu biasanya terjadi setelah 10 hingga 30 detik setelah stimulasi tubuh pasangan. Fase ini berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam. Ditandai dengan:

Pria: penis mulai tegak dan bisa juga puting mulai menyembul.

Wanita: vagina mulai mengeluarkan cairan. Ukuran vagina mulai berubah, lebih luas dan memanjang. Bibir vagina luar dan dalam, klitoris dan payudara sudah mulai 'membengkak'.

Baik pria dan wanita mulai merasakan adanya peningkatan denyut jantung, tekanan darah dan nafas.

2. Plateu
Fase ini terjadi sebelum orgasme terjadi ditandai dengan

Pria: Testis mulai agak masuk ke dalam skrotum dan penis menjadi sepenuhnya tegak.

Wanita: Bibir vagina mulai membengkak. Lalu pada vagina bagian dalam tampak berubah warna.

Baik pria dan wanita nafasnya masih cepat. Gejolak ketegangan dapat diraskan pada perut, dada, bahu, leher atau wajah. Lalu pada beberapa otot mulai tegang seperti pada paham pinggul, tangan, dan pantat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3-4

3. Orgasme
Ini adalah fase puncak dalam bercinta namun hanya berlangsung dalam waktu beberapa detik.

Pria: Saat mencapai orgasme, air mani akan keluar dari penis pria.

Wanita: Dinding vagina berdenyut dengan jumlah dan intensitas tergantung pada orgasme yang dirasakan. Otot-otot rahim pun ikut berkontraksi.

Baik pria dan wanita nafas, denyut nadi, dan tekanan darah terus meningkat. Ketegangan otot dan pembuluh darah mencapai puncaknya.

4. Resolusi

Usai merasakan suatu hal yang menakjubkan Anda akan kembali pada fase ini. Fase terakhir ini berlangsung dari beberapa menit sampau setengah jam atau lebih. Pada umumnya fase istirahat lebih lama pada perempuan dibandingkan pria.

Pria: Penis kembali mengecil.

Wanita: Klitoris kembali ke posisi normal. Untuk beberapa wanita masih bisa menghadapi rangsangan untuk mendapatkan kembali orgasme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.