Sukses

5 Mitos Seputar Sarapan

Liputan6.com, Jakarta Sarapan adalah aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan di pagi hari. Dengan sarapan, individu akan mendapatkan energi berlebih yang dapat membantunya berkonsentrasi. Dan sarapan, merupakan salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah dari berat badan berlebih.

Setiap individu memiliki pendapat berbeda tentang sarapan. Ada yang percaya bahwa sarapan memiliki manfaat seperti itu, dan ada juga yang menilai bahwa sarapan tidak terlalu penting, karena berdampak akan membuat ngantuk.

Di bawah ini sejumlah mitos tentang sarapan yang perlu diketahui seperti dikutip Health Me Up, Jumat (31/10/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1



1. Sarapan adalah makanan penting untuk memulai hari

Pernyataan ini benar, jika kita mengonsumsi makanan sehat di pagi hari. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan ringan berenergi di pagi hari memiliki manfaat yang akan dirasakan sepanjang hari.

3 dari 6 halaman

2



2. Sarapan mencegah kenaikan berat badan

Perlu diketahui bahwa sarapan tidak memiliki efek langsung pada penurunan berat badan. Sebab, dari menu sarapan yang masuk ke dalam tbuh, hanya 10 kalori lebih yang terbakar.

Dengan begitu, jangan lupakan olahraga.

4 dari 6 halaman

3



3. Sarapan sereal mendatangkan beragam manfaat

Ini tergantung dari jenis sereal yang dipilih. Jika yang dipilih adalah sereal manis, maka kebutuhan gizi harian tidak akan terpenuhi. Kecuali jika Anda mengonsumsi sereal berupa oat, atau sereal gandum lainnya, makan gizi dari makanan itu akan didapat, yang membuat Anda senantiasa sehat.

5 dari 6 halaman

4



4. Sarapan membuat anak lebih cerdas

Studi menunjukan bahwa seorang anak yang rutin sarapan di pagi lebih mampu berkonsentrasi ketimbang mereka yang tidak sarapan. Tapi, bukan berarti anak yang tidak sarapan jauh lebih bodoh daripada mereka yang sarapan.

Sarapan diakui tidak dapat meningkatkan aktivitas otak, tetapi anak-anak akan dapat belajar lebih baik karena tidak akan terganggu akibat rasa lapar.

6 dari 6 halaman

5



5. Sarapan membuat Anda lesu

Tidak benar jika ada yang berkata seperti itu. Penelitian menunjukan bahwa sarapan dapat memberikan Anda lebih banyak energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini