Sukses

Penampakan 3 Kartu `Sakti` Era Pemerintahan Jokowi-JK

Ini dia penampakan kartu sakti era Jokowi-JK; KIS, KIP dan KKS

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menunjukkan wujud dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang akan diluncurkan pada 3 November 2014 bersamaan dengan peluncuran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di hadapan wartawan.

Pantauan Health-Liputan6.com di Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jumat (31/10/2014), ketiga kartu yang diperkirakan menelan anggaran dari dana Bansos sebesar Rp 6,4 triliun berwarna cukup cerah.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berwarna merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Kartu Indonesia Pintar (KI) berwarna ungu pada bagian atas dan putih pada bagian bawah, serta Kartu Indonesia Sehat (KIS) berwarna hijau pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Tidak lupa, tertera lambang negara Indonesia, Burung Garud, di pojok sebelah kanan kartu.

Sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ketiga kartu yang diharapkan bisa dipegang oleh 1,7 juta penyandang masalah kesejahteraan sosial di Indonesia ini tertera peta di dalamnya.

"Kalau ini chip, untuk menyimpan data anggota yang terdaftar. Kalau kamu yang daftar, di sini semua data kamu tersimpan," kata Khofifah.

Untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan mengatakan bahwa kartu ini berbeda dengan bantuan siswa miskin (BSM). Jika jangkauan pada KIP cukup luas, BSM hanya menjangkau rakyat miskin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini