Sukses

Tes Air Liur Bisa Deteksi Kanker, Diabetes dan Alzheimer

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengetahui penyakit berbahaya, sejumlah peneliti mengklaim ada cara mudah mengetahuinya. Penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Chemistry jurnal ilmiah mencatat bahwa penyakit kanker, diabetes tipe 2 dan alzheimer bisa dideteksi dari air liur.

Pemimpin studi yang juga pakar gigi dari University of California di Los Angeles, Dr David Wong mengatakan, air liur memiliki molekul yang menandai apakah seseorang menderita pra diabetesi, tahap awal kanker mulut atau kanker pankreas.

"Jika Anda tahu, air liur merupkan indikator penting dari penyakit yang akan mengejutkan semua orang. Bahkan sebelum Anda memiliki gejala apapun bisa dilihat," katanya, seperti dikutip laman Dailymail, Jumat (31/10/2014).

Setelah meneliti menganalisis 165 juta urutan genetik, laboratorium Dr Wong juga menemukan bahwa beberapa RNA yang sama yang ada di dalam sel-sel manusia juga ada dalam air liur dan dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit. "Sebuah temuan yang mengejutkan,  karena enzim dalam air liur dapat menurunkan RNA, membuat mulut menjadi tanda awal penyakit."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.